TANGSELIFE.COM – Dalam proses penghitungan suara Pemilu ada dua istilah populer yang memiliki perbedaan yakni quick count dan real count.

Pada dasarnya, quick count merupakan perhitungan suara tercepat oleh lembaga survei, sementara itu real count adalah penghitungan suara yang sebenarnya oleh KPU.

Hasil hitung suara pemilu akan diumumkan secara resmi oleh KPU ketika proses rekapitulasi suara selesai.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai perbedaan quick count dan real count pemlu, simak informasinya berikut ini.

1. Perbedaan quick count dan real count dari definisinya

Quick count adalah perhitungan cepat hasil pemilu.

Sesuai peraturan KPU, hitung cepat atau quick count merupakan kegiatan perhitungan suara secara cepat dengan menggunakan teknologi informasi berdasarkan metedologi sampling tertentu yang dilakukan oleh masyarakat atau lembaga/badan swasta.

Adapun real qount pemilu adalah perhitungan nyata hasil pemilu.

Real qount atau hitung nyata merupakan kegiatan perhitungan suara secara nyata berdasarkan data perolehan dari formulir model C1 Plano (catatan hasil penghitungan perolehan suara pemilu) dari seluruh TPS.

2. Perbedaan quick count dan real count dari perolehan data

Hasil quick count diperoleh menggunakan tekbologi informasi, berdasarkan metodologi sampling tertentu yang dilakukan oleh masyarakat atau lembaga/badan swasta.

Sementara itu perolehan data real count didapat dari dokumen formulir model C1 Plano dari seluruh TPS.

Perhitungan suara dilakukan oleh KPU melalui petugas KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) di setiap TPS.

3. Perbedaan quick count dan real count dari cara kerja

Cara kerja quick count atau hitung cepat dengan melakukan perhitungan menggunakan metode verifikasi hasil pemilu yang dilakukan dengan menghitung persentase hasil pemilu di TPS yang dijadikan sampel.

Sementara itu cara kerja real count dilakukan oleh KPU melalui petugas KPPS dan ada juga yang melalui saksi TPS dibantu dengan alat bantu dalam rangka mendokumentasikan hasil perolehan suara pemilu di TPS.

Berikut ini perbedaan cara kerja quick count dan real count:

Quick Count

  • Sampling TPS: lembaga survei mengambil data dari sejumlah TPS
  • Perhitungan cepat: data yang diambil kemudian diolah dan dihitung secara cepat untuk memproyeksi hasil pemilu
  • Pengumuman: hasil proyeksi ini kemudian diumumkan secara cepat kepada masyarakat sebagai hasil dari pemilu secara keseluruhan

Real Count

  • Pengumpulan Data TPS: usai pemungutan suara selesai, formulir hasil suara dari masing-masing TPS dikumpulkan oleh KPPS
  • Verifikasi dan validasi: KPU melakukan proses verifikasi dan validasi terhadap formulir hasil suara. Data yang dianggap valid kemudian dihitung.
  • Pengumuman resmi: setelah selesai dihitung dan divalidasi, KPU akan mengumumkan hasil resmi pemilu kepada masyarakat

4. Perbedaan quick count dan real count dari segi kecepatan perhitungan

Penghitungan suara menggunakan quick count bisa dipantau lebih cepat dibandingkan real count yang tak bisa ciketahui secara cepat alias bisa memakan waktu sampai berhari-hari.

5. Perbedaan quick count dan real count dari segi kelebihannya

Kelebihan quick count bisa dilihat dari kecepatan informasinya. Dengan menggunakan perhitungan ini, masyarakat bisa mendapatkan gambaran awal lebih dulu soal hasil pemelihan umum yang diselenggarakan.

Selain itu, masyarakat juga bisa memantau hasil perhitungan suara pemilu dari awal.

Adapun kelebihan real count adalah perhitungan ini merupakan hasil resmi yang digunakan untuk menentukan pemenang pemilu

Perhitungan pemilu menggunakan real count melibatkan seluruh TPS, sehingga memiliki tingkat keakuratan yang tinggi.

6. Perbedaan quick count dan real count dari segi kekurangannya

Hasil suara dari quick count bukan hasil resmi yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan hasil perhitungan cepat sangat bergantung pada seberapa representatif sampel yang dipilih.

Sementara itu kekurangan real count ada pada proses perhitungan oleh KPU yang membutuhkan waktu lama dibanding dengan quick count.

7. Perbedaan quick count dan real count dari cara memantaunya

Masyarakat Indonesia bisa memantau hasil quick count melalui siaran langsung yang diitayangkan oleh sejumlah lembaga atau siaran langsung di televisi maupun YouTube.

Sementara itu hasil real count bisa dipantau dengan cara mengakses situs https://pemilu2024.kpu.go.id/pilpres/

Dwi Oktaviani
Editor