TANGSELIFE.COM– Simak jadwal libur Maulid Nabi Muhammad SAW 2024, yang menjadi salah satu hari besar yang dirayakan oleh umat Islam.

Sebagai informasi, Hari Maulid Nabi merupakan momentum untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW yang dirayakan setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam kalender Hijriah.

Pada Maulid Nabi Muhammad SAW ini umumnya dirayakan dengan berbagai kegiatan keagamaan, mulai dari pembacaan sholawat, kajian, ceramah, dan beragam tradisi lokal lainnya.

Melansir dari SKB 3 Menteri Tahun 2024, Maulid Nabi Muhamad SAW 2024 ini akan jatuh pada hari Senin, 16 September mendatang.

Apakah Maulid Nabi Muhammad SAW 2024 Termasuk Tanggal Merah?

Pemerintah Indonesia menetapkan Maulid Nabi sebagai hari libur Nasional, itu artinya pada tanggal 16 September 2024 masuk dalam daftar tanggal merah.

Hal tersebut sesuai dengan yang tertuang dalam SKB 3 Menteri yaitu Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang telah menetapkan daftar hari libur nasional dan tanggal merah sepanjang tahun 2024.

Namun, hari libur Maulid Nabi Muhammad SAW 2024 pada tanggal 16 September mendatang, tidak diikuti dengan cuti bersama.

Serta tidak ada hari libur nasional lainnya di bulan September 2024 selain Maulid Nabi.

Oleh karena itu, bulan September 2024 ini hanya akan ada satu hari libur nasional untuk memperingati Maulid Nabi Muhamad SAW.

Kendati demikian, masyarakat masih bisa memanfaatkan hari libur Maulid Nabi Muhammad SAW 2024 sebagai long weekend atau libur panjang.

Pasalnya, tanggal 16 September ini jatuh pada hari Senin, yang mana berdekatan dengan libur akhir pekan pada hari Sabtu dan Minggu.

Jadwal Long Weekend Maulid Nabi Muhammad SAW 2024

Meskipun Maulid Nabi ini tidak diikuti dengan cuti bersama dan hanya berlangsung satu hari saja, tapi momentum ini berdekatan dengan akhir pekan yang termasuk dalam long weekend.

Maka berikut jadwal long weekend Maulid Nabi Muhammad SAW 2024:

  • Sabtu, 14 September 2024: hari libur akhir pekan
  • Minggu, 15 September 2024: hari libur akhir pekan
  • Senin, 16 September 2024: hari libur nasional Maulid Nabi Muhammad SAW
Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
Jihan Hoirunisa
Editor
Jihan Hoirunisa
Reporter