TANGSELIFE.COM – Jalan tol Jakarta Cikampek II Selatan akan difungsikan pada masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru 2023-2024).

Jalan tol Jakarta Cikampek II Selatan difungsikan guna mendukung kelancaran lalu lintas sekaligus upaya antisipasi kemacetan di tol Jakarta Cikampek.

Informasi tersebut disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI, Selasa 21 November 2023.

Tol Jakarta Cikampek II Selatan merupakan Proyek Strategis Nasional yang dibangun melalui pembiayaan APBN/APBD, BUMN, dan swasta.

Jalan Tol Jakarta Cikampek II Selatan menghubungkan Jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1, JORR 2 dan Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi) di Jawa Barat.

tol Japek II
konstruksi tol Jakarta Cikampek II Selatan

Jalan Tol yang Difungsikan Saat Libur Nataru, Selain Tol Jakarta Cikampek II Selatan

Selain Tol Jakarta Cikampek Japek II Selatan, Menteri Basuki mengatakan Tol Solo-Yogyakarta-Yogyakarta Internasional Airport (YIA) turut difungsikan pada masa libur Nataru 2023.

“Jalan tol yang dapat difungsikan saat Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 ini yaitu Tol Cikampek II Selatan segmen Kutanegara-Sadang dan Tol Solo-Yogyakarta-Bandara YIA segmen Kartasura-Karanganom,” tutur Basuki.

Adapun jalan tol Solo-Yogyakarta-YIA telah difungsikan pada momen Lebaran lalu, namun hanya sampai segmen Pakis.

“Untuk Natal dan Tahun Baru kali ini InsyaAllah dapat difungsikan sampai segmen Karanganom sepanjang 13 km,” kata Basuki.

Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo terhubung dengan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen dan Jalan Tol Trans Jawa ruas Semarang–Solo.

Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo memangkas waktu tempuh perjalanan masyarakat yang menghubungkan tiga bandara sekaligus di Solo, Semarang, dan Yogyakarta.

Pembangunan jalan Tol Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo sekaligus untuk mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Super Prioritas Borobudur.

Selain mengoperasikan dua jalan tol baru, berbagai kesiapan terus dilakukan PUPR guna mendukung kelancaran mobilitas masyarakat pada momen libur Nataru 2023.

Salah satunya yakni dengan melakukan pelebaran Jalan Tol Cikampek-Palimanan di KM 71 sampai KM 85 guna mengantisipasi arus lalu lintas dari Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

Saat ini, progres pelebaran jalan tol Cikampek-Palimanan telah mencapai 95 persen dan ditargetkan selesai pada H-10 Natal dan Tahun Baru.

“Ini dapat kita manfaatkan pada saat H-10 Natal dan Tahun Baru,” ujar Basuki.

Berdasarkan data Kementerian PUPR, panjang jalan tol yang sudah beroperasi di seluruh penjuru Indonesia sepanjang 2.816 km.

Jalan tol tersebut dikelola oleh 52 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) pada 73 ruas yang tersebar di Pulau Sumatera sepanjang 865 km, Pulau Jawa sepanjang 1.782 km, Pulau Bali sepanjang 10 km, Pulau Kalimantan sepanjang 97 km, dan Pulau Sulawesi sepanjang 62 km.

Disamping itu, tersedia sebanyak 132 TIP (Tempat Istirahat dan Pelayanan) yang tersebar di seluruh ruas jalan tol.

Pembangunan jalan tol hingga akhir tahun 2023 ditargetkan sepanjang 410 km.

Sampai November 2023, jalan tol yang sudah diresmikan atau dioperasikan sepanjang 218 km.

Sisanya sepanjang 192 km akan dapat dioperasikan atau difungsikan pada waktu Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.