TANGSELIFE.COM – Menjelang perayaan Natal dan tahun baru (Nataru) 2024 harga tiket bus di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mulai mengalami kenaikan.

Kenaikan harga tiket bus hampir terjadi untuk semua rute perjalanan dari Kota Tangsel menuju wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah maupun Jawa Timur.

Pantauan Tangselife.com di salah satu terminal bayangan yang ada di Ciputat, harga tiket bus mengalami kenaikan hingga Rp20 ribu.

Salah seorang penjual tiket bus di Terminal bayangan Ciputat, Dadang mengatakan, kenaikan harga terjadi sejak Senin 18 Desember 2023.

Ia mencontohkan, untuk bus dengan rute perjalanan Ciputat-Wonosobo yang sebelumnya hanya Rp150 ribu saat ini tiket bus naik menjadi Rp170 ribu.

“Ada kenaikan harga tiket dikit, tapi tidak besar,” kata Dadang, Selasa, 19 Desember 2023.

Dadang mengungkapkan, kenaikan harga tiket bus tidak berbarengan dengan kenaikan jumlah penumpang.

Justru saat ini, lanjut Dadang, penumpang mengalami penurunan jika dibandingkan dengan momentum yang sama pada tahun sebelumnya.

“Masih sepi belum ada lonjakan penumpang, mungkin mulai tanggal 22 Desember akan bertambah. Mending tahun-tahun sebelumnya, mungkin karena sekarang banyak travel, pariwisata dan lainnya,” tuturnya.

Bahkan Dadang menaksir penurunan penumpang pada tahun ini terjadi hingga 50 persen jika dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya.

“Tahun kemarin-kemarin H-7 saja udah penuh, sekarang masih pada kosong. Kalau sudah waktunya berangkat, ya berangkat walaupun penumpang kosong,” pungkas Dadang.

Sementara di Terminal tipe A Pondok Cabe, beberapa PO bus mulai menaikkan harga tiket bus dengan harga bervariatif dari Rp20 ribu hingga Rp40 ribu.

Salah seorang pengelola PO Bus, Jumiran mengatakan, beberapa tiket untuk rute perjalanan menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur kini rata-rata mulai naik hingga Rp20 ribu.

Jumiran mencontohkan, untuk harga tiket bus tujuan Sumenep dan Madura, dari yang sebelumnya dijual dengan harga Rp400 ribu kini menjadi Rp440 ribu.

Di Terminal tipe A Pondok Cabe juga belum terlihat adanya lonjakan penumpang hingga kini.

Berdasarkan pengalamannya, lonjakan penumpang biasanya akan terjadi pada H-3 hingga H-1 perayaan Natal.

“Kalau peningkatan penumpang yang ingin pulang kampung merayakan libur Natal belum signifikan. Saat ini lebih kepada keluarga yang ingin berlibur dan pulang kampung,” pungkasnya.(Andre)

Intan
Editor
Intan
Reporter