TANGSELIFE.COM-Kegiatan Musyawarah Kota III Kamar Dagang dan Industri Tangerang Selatan (Mukota III Kadin Tangsel) tinggal menghitung hari. 

Rencananya Mukota III Kadin Kota Tangsel akan dilaksanakan pada Rabu 17 Mei 2023, mendatang. 

“Saat ini, sudah lebih dari 60 perusahaan yang mendaftar sebagai calon peserta,” ungkap Ketua Organizing Committee (OC) Mukota III Kadin Tangsel Harsa Wardana SH, saat ditemui di Kantor Kadin Tangsel.

Ia mengatakan bahwa para pengusaha di Kota Tangsel sangat antusias mengikuti kegiatan  Mukota III Kadin Tangsel ini, yang salah satu agendanya adalah memilih ketua yang baru. 

Lalu, bagaimana dengan kandidat calon ketua? Informasi yang didapatkan Tangselife.com, sudah ada empat kandidat calon Ketua Kadin Tangsel yang digadang-gadang bakal maju dalam kontestasi pemilihan.

Dan yang menariknya, dari empat kandidat calon Ketua Kadin Kota Tangsel tersebut, tiga di antaranya merupakan para pengusaha muda Tangsel yang kiprahnya sudah tidak diragukan lagi.

Ketiga kandidat tersebut adalah Asep Sholahuddin, Andre Sumanegara dan Marhadi. 

Saat ditemui Tangselife.com, Asep Sholahuddin mengatakan siap maju menjadi Calon Ketua Kadin Tangsel pada Muskot III Kadin Tangsel yang akan digelar pekan depan. 

“Insya Allah siap maju,” terangnya. Dia juga mengatakan jika diberikan amanat dan kelak terpilih memimpin periode 5 tahun mendatang, dirinya akan membawa Kadin lebih berperan lagi membangun Kota Tangsel.

“Kalau saya terpilih atau siapapun yang terpilih jadi Ketua Kadin Tangsel nanti harapannya 50 persen pengurusnya adalah pengusaha muda. Ini saatnya yang muda-muda memimpin,” terangnya juga. 

Tapi, kata Asep juga, bukan berarti dirinya anti terhadap pengusaha senior. Tapi memang sudah selayaknya para pengusaha senior memberikan kesempatan pada yang muda-muda untuk memimpin.

Asep Sholahuddin juga menyinggung bonus demografi yang akan dialami Kota Tangerang Selatan pada 2030 mendatang. 

Dia memaparkan dari 1,3 juta jiwa warga Kota Tangsel saat ini, 71 persennya berusia produktif atau jumlahnya kira-kira mencapai 900.00 jiwa. 

“Dari jumlah 900.000 jiwa itu, warga Tangsel yang berusia 20-44 tahun sekitar 500 ribu jiwa. Artinya, Kota Tangsel ini lebih banyak anak muda. Karena itu, sudah saatnya anak muda memimpin,” cetusnya. 

Asep juga mengaku akan berkolaborasi dengan stakeholder di Kota Tangsel termasuk dengan Pemkot Tangsel agar pengusaha yang tergabung dalam Kadin Tangsel diberikan peluang dan akses.

Selain itu juga, para pengusaha lokal di Kota Tangsel diberikan kemudahan dalam menawarkan pekerjaan kepada pihak swasta. 

“Sesuai peraturan Menteri Investasi nomor 1 tahun 2022 tentang Tata Cara Pengelolaan Investasi di Daerah, investor diwajibkan melibatkan pengusaha lokal,” paparnya juga. 

Sementara itu, Andre Sumanegara mengaku jika kelak terpilih meminpin Kadin Tangsel dirinya akan meningkatkan kembali peran dan fungsi Kadin dalam membangkitkan ekonomi lokal melalui sinergitas hubungan antara Kadin dengan Pemerintah, dan Kadin dengan pihak swasta.

Pengusahan kuliner yang akrab disapa Omblek ini juga mengaku akan fokus pada sinergitas Kadin Tangsel dengan sektor swasta dan IKM serta UMKM.

Sedangakan kerjasama dengan pihak Pemkot Tangerang Selatan diselaraskan, untuk menciptakan iklim investasi dan regulasi yang saling menguntungkan di Kota Tangsel.

“Tujuan berdirinya Kadin Tangsel ini untuk menjadi wadah pengusaha lokal yang bisa berperan dalam membangun wilayahnya,” tegas Omblek usai menghasori acara Halal Bihalal Hipmi Tangsel, di Gaharu Ballroom, Hotel Trembesi, BSD, Serpong, Minggu 7 Mei 2023. 

Sedangkan Marhadi mengaku jika kelak terpilih jadi Ketua Kadin Tangsel periode 2023-2028 akan menggandeng baik pengusaha muda dan pengusaha senior untuk bersatu membangun Kota Tangsel. 

Tujuannya agar terjadi sinergitas antara pengusaha muda dan pengusaha senior serta dengan Pemkot Tangerang Selatan.

“Saya punya keinginan, agar Kadin ini jadi wadah pengusaha mikro maupun makro. Tujuannya, agar Kota Tangsel ini kondusif untuk mendukung pembangunan,” terangnya. 

Marhadi juga mengatakan dirinya sebagai generasi kedua di Kota Tangsel ingin membuat terobosan-terobosan untuk kemajuan Kota Tangsel. 

Karena itu dia menginginkan kalau pengusaha-pengusaha yang tergabung dalam Kadin Kota Tangsel tidak hanya bergantung pada pekerjaan-pekerjaan yang dananya bersumber dari APBD. 

“Padahal banyak proyek-proyek dari swasta. Karena itu jika nanti terpilih, saya akan mendorong teman-teman pengusaha yang tergabung dalam Kadin mengerjakan proyek-proyek swasta,” paparnya juga.

Kiprah Organisasi Tiga Kandidat Calon Ketua Kadin Tangsel 2023-2028:

Asep Sholahuddin

Pekerjaan : Pengusaha Konstruksi

Organisasi : 

– Ketua Umum BPC Hipmi Kota Tangsel 2019-2022

– Pengurus Kadin Kota Tangsel 2018-2023

– Ketua ISSI Kota Tangsel 2021-2025

Andre Sumanegara

Pekerjaan : Pengusaha F & B

Organisasi : 

– Wakil Ketua Kadin Tangsel 2018-2023

– Wakil Ketua PHRI Kota Tangsel

– Ketua Asosiasi Kopi Indonesia (AsKI) Kota Tangerang Selatan

– Pengurus Pusat Media Siber Indonesia (SMSI)

– Penasehat PWI  Tangsel

Marhadi SE., MM

Pekerjaan : Pengusaha Konstruksi

Organisasi : 

– Wakil Bendahara Umum DPP Gapeknas

– Pengurus Kadin Kota Tangsel 2018-2023

– Pengurus BPC Hipmi Kota Tangsel

– Bendahara Umum IPSI Kota Tangsel