TANGSELIFE.COM – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali membuka program Angkutan Mudik Gratis 2024 untuk Lebaran.

Program ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan masyarakat yang ingin mudik menggunakan kendaraan pribadi, terutama sepeda motor.

“Kami mengajak masyarakat bergabung dalam program mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan. Selain penumpang, sepeda motornya juga akan kami angkut secara gratis, sehingga bisa digunakan untuk mobilitas di tempat tujuan,” ucap Jubir Kementerian Perhubungan, Adita Irawati.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar tak mudik menggunakan sepeda motor mengingat punya risiko yang cukup berbahaya karena kecelakaannya sangat tinggi.

Masyarakat diminta menggunakan transportasi umum atau memanfaatkan program mudik gratis 2024 yang diselenggarakan Kemenhub.

“Kami tak bosan-bosan untuk mengimbau masyarakat agar seyogyanya tak melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor karena berpotensi tinggi terjadi kecelakaan. Kami berharap masyarakat mudik menggunakan angkutan umum atau memanfaatkan program mudik gratis ini,” kata Adita.

Program Mudik Gratis 2024 tersedia melalui jalur darat, laut, serta kereta api, yang digelar di sejumlah titik simpul transportasi.

Untuk jalur darat, Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Darat menggelar program ‘Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Bus dan Truk”.

Jadwal Mudik Gratis 2024 dari Kemenhub

Pendaftaran program Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Bus bisa dilakukan lewat aplikasi Mitra Darat yang direncanakan pada 5 Maret sampai 3 April 2024.

Pada arus mudik dan balik tersedia 722 unit bus untuk 30.088 penumpang dan 30 unit truk untuk mengangkut 900 unit sepeda motor.

Keberangkatan arus mudik akan dilakukan pada 5 April-7 April 2024, sementara keberangkatan arus balik akan dilakukan pada 14-15 April 2024.

Untuk jalur laut, Ditjen Perhubungan Laut mengadakan program ‘Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut’ dengan kuota 9.800 penumpang dan 4.800 unit sepeda motor yang dijadwalkan pada 3-17 April 2024.

Selanjutnya adalah jalur kereta api, Ditjen Perkeretaapian menyelenggarakan program ‘Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kereta Api’.

Tiket kereta api bisa diperoleh mulai 4 Maret-18 April 2024.

Tersedia sebanyak 28.196 kuota penumpang dan 12.180 unit sepeda motor.

Keberangkatan arus mudik akan dilakukan pada 2-8 April 2024, sementara itu keberangkatan arus balik akan dilakukan pada 13-19 April 2024.

Adita berharap tahun ini semakin banyak BUMN dan perusahaan swasta yang mengadakan mudik gratis.
Apabila program mudik gratis semakin banyak, jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor bisa ditekan, sehingga angka kecelakaan bisa turun dan kepadatan di jalan berkurang.

Cara Daftar Mudik Gratis 2024 dari Kemenhub via Online

Adapun pendaftaran mudik gratis 2024 dari Kemenhub bisa dilakukan secara daring melalui laman resmi Dephub dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Buka situs https://mudikgratis.dephub.go.id/
  • Pilih menu moda transportasi yang tersedia (kereta api/kapal laut)
  • Untuk moda transportasi bus, pendaftaran via aplikasi Mitra Darat
  • Klik menu ‘Pendaftaran’, kemudian isi ‘Form Pendaftaran’
  • Pada Form Pendaftaran, lengkapi asal dan tujuan perjalanan serta tanggal mudik/balik
  • Selanjutnya lengkapi juga informasi data diri peserta serta dokumen pendukung
  • Informasi tiket akan tampil dan peserta dapat mereview data pendaftaran
  • Resume pendaftaran berhasil tersimpan dan bisa melakukan verifikasi pendaftaran
Dwi Oktaviani
Editor