TANGSELIFE.COMPemkab Tangerang mengerahkan sekitar 100 petugas untuk memeriksa kesehatan hewan kurban yang dijual di wilayahnya.

Pengerahan tim pemeriksa hewan menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah itu untuk memeriksa hewan kurban yang sakit.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang Asep Jatnika mengatakan para petugas itu akan diterjunkan ke 418 lokasi penjualan hewan.

“418 lokasi penjualan hewan untuk kurban itu berada di 29 kecamatan di Kabupaten Tangerang ini,” terangnya, Senin, 19 Juni 2023.

Dia juga mengatakan, pemeriksaan kesehatan hewan kurban akan dilaksanakan dari tanggal 20  Juni  2023 sampai 28 Juni 2023.

Setelah itu akan dilanjutkan dengan pemeriksaan penanganan hewan kurban di tempat pemotongan hewan kurban dengan target 876 titik lokasi pemotongan hewan kurban.

Asep juga menjelaskan, pemeriksaan kesehatan hewan dan penanganan hewan di tempat penyembelihan dilakukan guna memastikan hewan kurban yang disembelih sehat.

“Kami juga memeriksa daging hewan yang disembelih aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat sebelum dibagikan,” katanya juga.

Tim Pemeriksa Hewan Juga Keluarkan Ketentuan dan Tata Cara Penyembelihan

Untuk diketahui, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang sudah mengeluarkan surat edaran mengenai ketentuan tempat serta tata cara penyembelihan hewan kurban.

Selain itu, Pemkab Tangernag juga menjalankan upaya pencegahan penularan penyakit hewan, termasuk melaksanakan vaksinasi pada sapi, kerbau, kambing, dan domba.

“Vaksinasi sudah berjalan. Tapi menjelang Idul Adha kita berhenti dulu untuk vaksinnya,” terang Asep juga. 

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife