TANGSELIFE.COMKetua KPK Firli Bahuri memenuhi panggilan penyidik untuk mejalani pemeriksaan di Bareskrim Polri, Kamis (16/11/2023).

Firli menjalani pemeriksaan sebagai saksi untuk dimintai keterangan terkait dugaan pemerasan dan gratifikasi terhadap eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Firli ternyata tak sendiri. Penyidik Bareskrim juga memeriksa 3 orang anggota KPK lainnya terkait keterakitan dugaan pemerasan dan gratifikasi SYL.

Kepala Direktorat Tindak Pidana Khusus Polda Metro Jaya Ade Safri menerangkan, pihaknya akan melakukan analisis dari hasil pemeriksaan Firli tersebut.

Ade Safri menyebut, pihaknya bakal melakukan tindak lanjut perkara dugaan pemerasan dan gratifikasi Ketua KPK tersebut setelah mengumpulkan bukti-bukti.

Dalam pemeriksaan tersebut, Ketua KPK Firli Bahuri menjalani pemeriksaan hingga sekira 4 jam mulai pukul 10.00 WIB hingga 13.45 WIB.

Firli pun dicecar sebanyak 15 pertanyaan oleh penyidik soal dugaan pemerasan dan gratifikasi terhadap eks Mentan SYL.

“Ada 15 pertanyaan yang diajukan kepada FB selaku Ketua KPK RI dalam kapasitasnya sebagai saksi,” terang Ade.

Ada kejadian menarik, ketika Ketua KPK Firli Bahuri keluar dari ruang penyidik. Dia bungkam kepada awak media yang stand by sejak pagi hari.

Bahkan orang nomor satu di lembaga antirasuah itu tampak bersembunyi di dalam mobil sembari menutupi wajahnya dengan tas di tangannya.

Aksi Firli sembunyi di dalam mobil dan menutupi wajah usai diperiksa oleh penyidik Bareskrim Polri itu berhasil direkam sejumlah wartawan.

Ketua KPK FIrli Bahuri Serahkan LHKPN

Sementara itu, kuasa hukum Firli Bahuri, Ian Iskandar mengatakan, pemeriksaan yang dijalani kliennya itu bersifat normatif.

Menurutnya, Ketua KPK itu menyerahkan berkas yang diminta oleh penyidik sebelumnya yakni dokumen Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN).

“Hari ini Pak Firli menyerahkan LHKPN yang sempat diminta oleh penyidik,” tandasnya dikutip dari kompas.com.

Diketahui, Polda Metro Jaya telah menaikan status tahapan perkara ke tingkat penyidikan terhadap perkara yang menyeret Ketua KPK Firli Bahuri.

Penyidik mendalami soal foto pertemuan Ketua KPK Firli Bahuri dengan Syahrul Yasin Limpo di sebuah lapangan badminton.

Foto pertemuan keduanya kemudian bocor ke publik. Polda Metro Jaya pun telah memeriksa puluhan saksi, tetapi belum ada 1 orang pun yang ditetapkan tersangka.

Intan
Editor
Intan
Reporter