TANGSELIFE.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar kirab Pemilu 2024 di Lapangan Pakujaya, Serpong Utara (Serut), Minggu (19/11/2023).

Kirab Pemilu dihadiri Ketua KPU Provinsi Banten, Ketua Bawaslu Provinsi Banten, Ketua KPU Kota Tangsel, Ketua Bawaslu Kota Tangsel dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tangsel.

Selain itu kirab Pemilu juga dihadiri perwakilan seluruh partai politik yang akan berkontestasi pada Pemilu 2024 mendatang.

Ketua KPU Kota Tangsel Muhammad Taufiq MZ mengatakan, Kirab Pemilu merupakan sebuah inovasi untuk melakukan sosialisasi bahwa akan ada kontestasi politik dalam waktu dekat.

“Makna dasar Kirab Pemilu yang dilaksanakan oleh KPU secara nasional ini adalah inovasi sosialisasi baru untuk menempatkan KPU di mata peserta Pemilu,” kata Taufiq, Minggu (19/11/2023).

Taufiq menuturkan, Kirab Pemilun sendiri akan dilaksanakan selama 6 hari kedepan dan akan mengelilingi seluruh kecamatan yang ada di Kota Tangsel.

“Kirab yang akan kita laksanakan di Kota Tangsel hari ini kita terima dari KPU Tangerang, maka dari tanggal 19-25 November kita akan berkeliling di 7 Kecamatan,” ujarnya.

Taufiq mengungkapkan, dalam Kirab Pemilu KPU Kota Tangsel akan fokus menyasar para pemilih pemula agar mau memberikan hak suaranya dalam Pemilu 2024 mendatang.

“Bahwa KPU Kota Tangerang Selatan secara kelembagaan Insya Allah siap dan sudah melaksanakan seluruh tahapan dan program Pemilu sampai 14 Februari 2024 nanti,” tuturnya.

“Sesuai mekanisme yang berlaku kita akan libatkan masyarakat yang luas, maka salah satu kegiatan itu adalah seluruh jajaran PPK dan PPS menyasar kepada pemilih pemula,” pungkas Taufiq.

Diketahui KPU Kota Tangsel sebelumnya telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 1.022.237 untuk Pemilu tahun 2024.

Jumlah DPT tersebut terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 501.755 dan pemilih perempuan sebanyak 520.482.

Sementara untuk pemilih pemula di Pemilu tahun 2024 KPU mencatat ada 103.596 pemilih. (Andre)

Wivyh
Editor
Wivyh
Reporter