TANGSELIFE.COM– Kloter pertama jemaah haji Indonesia terbang hari ini, Menag Yaqut ingatkan jaga kesehatan.

Pelepasan keberangkatan jemaah pertama Indonesia yang berjumlah 388 orang itu dilakukan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

Pelepasan kelompok terbang (kloter) pertama yang berasal dari Embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG 01) itu dilepas di Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Rabu 24 Mei 2023 dinihari.

Yaqut yang datang bersama Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Syekh Faisal Abdullah Al Amudi dan sejumlah pejabat Kemenag RI langsung menyapa para jemaah haji.

Saat itu, ratusan jemaah haji asal Embarkasi Jakarta Pondok Gede tengah berada di ruang tunggu  fast track keberangkatan Bandara Soetta.

Ruang fast track atau pelayanan cepat ini baru pertama kali ada dalam pelayanan ibadah haji tahun ini. Ruang fast track juga baru ada di Bandara Soetta.

Yaqut mengatakan bahwa pihaknya akan mengupayakan pengadaan ruang fast track di bandara lain yang jemaah hajinya banyak dan tak hanya di Bandara Soetta.

“Tahun depan kita usahakan ruangan fast track di beberapa tempat, terutama di provinsi yang jemaahnya banyak,” kata Yaqut, Rabu, 24 Mei 2023 dalam keterangan resmi Kemenag RI.

Yaqut menyapa para jemaah yang ada di atas Pesawat Garuda Indonesia yang akan berangkat ke Tanah Suci dan mengingatkan agar menjaga kesehatan. 

Ingatkan Kondisi Cuaca pada Kloter Pertama Jemaah Haji Indonesia

Yaqut juga mengingatkan agar para jemaah memperhatikan kondisi cuaca yang ada di Arab Saudi yang jauh lebih panas daripada di Indonesia.

Karena itu,  dia mengimbau agar para jemaah tidak memaksakan diri dalam beraktivitas di Tanah Suci, termasuk saat melaksanakan ibadah sunnah.

“Jangan terlalu memaksakan diri, terlebih bila merasa kesehatannya tidak memadai,” ujar Yaqut di dalam pesawat Garuda Indonesia yang akan bertolak ke Madinah, Arab Saudi.

Kondisi di Arab Saudi, ujar Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor ini lagi, berbeda dengan di Indonesia. Arab Saudi cuacanya jauh lebih panas.

“Jadi seluruh jemaah haji Indonesia harus dapat menyesuaikan diri. Pemerintah telah menyiapkan para petugas untuk memberikan layanan kesehatan bagi jemaah,” katanya juga.

Karena itu, Yaqut meminta para jemaah jangan sungkan berkonsultasi jika ada keluhan terkait kesehatan dengan petugas kesehatan.

7.510 Jemaah Berangkat pada Kloter Pertama Jemaah Haji Indonesia

Untuk diketahui, sebanyak 7.510 jemaah haji akan diberangkatkan ke Arab Saudi hari ini, Rabu 24 Mei 2023.

Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kementerian Agama (Kemenag) RI Akhmad Fauzin mengatakan jumlah jemaah haji itu terbagi dalam 19 kloter.

Keberangkatan perdana calon jemaah haji itu berasal dari Embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG) dengan jumlah empat kloter.

Lalu, empat kloter dari Embarkasi Solo (SOC), embarkasi Makassar (UPG) sebanyak dua kloter, dan Embarkasi Aceh (BTJ) sebanyak satu kloter.

Selanjutnya, jemaah yang akan berangkat berasal dari Embarkasi Medan (KNO) sebanyak satu kloter, dan Embarkasi Batam (BTH) ada dua kloter.

Selanjutnya, jemaah yang berasal dari Embarkasi Surabaya (SUB) sebanyak tiga kloter, dan Embarkasi Jakarta Bekasi (JKS) sebanyak dua kloter.