TANGSELIFE.COM- Cak Nun panggilan akrab dari seorang budayawan dan sastrawan asal Indonesia ini diterpa kabar duka.

Pasalnya, Cak Nun dilarikan ke rumah sakit pada Kamis 6 Juli 2023 karena mengalami pendarahan otak.

Cak Nun atau yang memiliki nama panjang Emha Ainun Najib dirawat di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta karena kondisi dirinya yang semakin memburuk.

Perkembangan terbaru terkait kondisi Cak Nun ini semakin memabaik setiap harinya, namun masih butuh pemantauan dari dokter dan harus istirahat di rumah sakit.

Menurut dokter pribadi Cak Nun yaitu Eddy Supriyadi, proses penyembuhan berjalan dengan lancar, kondisinya mulai stabil dan menunjukan respon yanng positif dan baik.

“Alhamdulillah, kondisi Cak Nun hari inni membaik. Masih butuh istirahat di rumah sakit,” tutur Eddy pada hari Sabtu (8/7/2023).

Kabar baik ini juga diungkap oleh pihak keluarga Cak Nun di akun Twitternya,

” Teman-temn yangg kami hormati, alhamdulillah proses recovery Mbah Nun berjalan terus dengan baik. Kondisi beliau stabil, demikian pula kesadaran beliau baik dan stabil,” tulis akun Twitter dengan username @caknundotcom.

“Mohon terus kita alirkan doa untuk beliau. Semoga perkembangan beliau semakin terus membaik,” tulisnya lagi.

Sementara itu, dokter pribadi yang sekaligus sebagai teman baik Cak Nun ini, memohon doa dari masyarakat Indonesia untuk kesembuhan intelektual Muslim asal Jombang, Jawa Timut itu.

“Mohon doa dan dukungan teman-teman semua,” tuturnya.

Kronologi Cak Nun Masuk Rumah Sakit. 

Diketahui sebelumnya, Cak Nun dirawat ke rumah sakit sejak 6 Juli 2023, karena kondisinya memburuk usai mengalami pendarahan otak.

Kabar duka itu pertama kali tersebar di grup WhatsApp Jamaah Maiyah.

Kondisi ini dibenarkan oleh istrinya Cak Nun yaitu, Novia Kolopaking.

Namun, Novia tidak mau memberikan keterangan lebih lanjut dan menyerahkan kondisi suaminya itu ke pihak rumah sakit untuk penjelasan lebih lanjut.

“Iya betul kurang sehat. Tapi untuk detail aku belum bisa menjelaskan karena kami sepakat nantI Dokter Edy yang akan menjelaskan. Doakan semoga segera pulih,” ujar Novia pada Kamis (6/7/2023).

Berdasarkan keterangan Sekretaris pribadi Cak Nun yaitu, Nur Janis Langgabuana mengatakan, suami dari Novia ini dilarikan ke rumah sakit RSUP Dr Sardjito pada pukul 14:30 WIB (6/7/2023).

” Adiknya ngabari saya Cak Nun masuk rumah sakit, terus kemudian saya memantau perkembangannya,” ucap Nur Janis.

Sebelumnnya di tanggal 2 Juli 2023, Cak Nun masih menghadiri acara “Sinau Bareng” bersama Mbah Nun dan KiaiKanjeng di Kampoeng Matraman.

Diduga Cak Nun mengalami kelelahan yang membuat kondisinya memburuk.

Kini perkembangan kondisi Cak Nun sudah semakin membaik meski harus tetap mendapatkan perawatan yang intensif.

“Sekarang sudah lebih baik dari kabar yang saya dapat pukul 17.00 WIB tadi. Kalau tadi membaik, sekarang lebih baik lagi,” tutur Nur Janis.

Kabar terkini Cak Nun terebut diungkap oleh adik kandungnya sendiri yaitu, Ahmd Syakurun Muzakki atau Cak Zakki.

Berdasarkan informasi terkahir yang diungkap ke awak media, Cak Nun sudah dalam kondisi sadar dengan respon yang baik, meskipun hanya bisa berkomunikasi secara terbatas.

Kondisi Terkini Cak Nun. 

Meski kondisi Cak Nun sudah mulai stabil dan membaik tetapi pihak rumah sakit tidak memperbolehkan ayah dari Noe Letto ini untuk dibesuk.

“Ini tadi pak Bupati Bantul mau besuk juga belum bisa. Belum tahu kepulangannya,” ucap Janis.

Perkembangan kondisi Cak Nun di rumah sakit terus mengalami peningkatan yang positif, berdasarkan keterangan dari adik kandungnya Cak Zaki.

Untuk saat ini Cak Nun masih dirawat di ruang Intensive Care Unit (ICU) RSUP Dr. Sadjito, dan hanya ditemani oleh sang istri.

“Cak Nun sedang berisitrahat di RS. Mohon untuk didoakan agar segera lepas dari proses istirahhat. Kita sama-sama membaca Al-Fatehah untuk kesembuhan Cak Nun,” jelas Cak Zaki.

Dikabarkan bahwa Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dijadwalkan akan berencana membesuk Cak Nun di RSUP Sardito pada akhir pekan kemarin, 9 Juli 2023.

Informasi tersebut diketahui langsung dari narasumber yang mengetahui agenda Presiden Jokowi.

Sekertaris pribadi Cak Nun juga terus memantau perkembangan kondisi cendikiawan ini lewat orang-orang terdekat.

Demikian itulah info terkini dari keadaan Cak Nun.

 

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife