TANGSELIFE.COM– Berikut urutan kota dengan kualitas udara terburuk di Indonesia berdasarkan pemantauan situs IQAir.

Kota dengan kualitas udara terburuk di Indonesia hari ini, 7 Oktober 2023 ditempati oleh Palembang, Sumatera Selatan dengan indeks 189 pada pukul 10.00 WIB.

Angka tersebut menunjukan bahwa kulaitas udara di Kota Palembang pada pagi ini masuk dalam kategori tidak sehat.

Dalam beberapa hari terakhir Palembang menetap diurutan pertama sebagai kota dengan kualitas udara terburuk di Indonesia.

Dikethui penyebab kualitas udara di Palembang buruk karena banyaknya kabut asap akibat dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Porovinsi Sumatera Selatan.

Namun, kualitas udara atau polusi di beberapa kota besar di Indonesia nampaknya masih terus berada di zona merah dan tidak sehat dalam beberapa bulan terakhir.

Lantas, kota mana saja di Indonesia yang masuk dalam daftar kota dengan udara terburuk?

Kota dengan Kualitas Udara Terburuk di Indonesia Versi IQAir.

Kota dengan kualitas udara terburuk di Indonesia
Urutan kota dengan kualitas udara terburuk di Indonesia, Tangerang Selatan Berada di posisi ketiga

Indeks kualitas udara terburuk kota-kota di Indonesia menurut versi IQAir didominasi oleh wilayah Sumatera dan Jawa.

Pada hari ini Kota Palembang, Sumatera Selatan menjadi kota paling berpolusi di Indonesia dengan menduduki peringkat pertama dan masuk zona merah.

Menunjukan indek kualitas udara di angka 181 dengan polutan utama PM2,5 sebesar 114µg/m³.

Konsentrasi PM2.5 di Palembang saat ini sudah mencapai 22,8 kali melebihi ambang batas panduan kualitas udara tahunan WHO.

Sedangkan, di posisi kedua ada Kabupaten Serang, Banten dengan indeks kualitas udara sebesar 169 dan masuk kategoti tidak sehat.

Konsentrasi polutan utama PM2.5 di Serang mencapai 14,6 kali lebih dari nilai panduan kulaitas udara tahunan WHO.

Disusul oleh Tangerang Selatan menempati urutan ketiga sebagai kota paling berpolusi di Indonesia dengan idenks kualitas 169.

Konsentrasi polutan utama P,2,5 di Tangerang Selatan sebesar 90µg/m³, membuat wilayah Tangsel berada di zona merah dengan kategori udara tidak sehat.

Untuk Ibu Kota Jakarta turun peringkat menjadi posisi keempat dengan nilai indeks kualitas udara sebesar 168 dan masih masuk dalam kategori tidak sehat.

Sementara, diurutan kelima di tempati oleh salah satu kota di Jawa Tengah, yaitu Semarang dengan indeks kualitas udara sebesar 151.

Buruknya kualitas udara di beberapa kota di Indonesia ini, sehingga sangat disarankan masyarakat untuk selalu mengenakan masker ketika berada di luar ruangan.

Selain itu, dianjurkan untuk menyalakan penyaring udara, tutup jendela untuk menghindarii udara koto masuk, dan sebisa mungkin kurangi aktivitas di luar ruangan.

Demikian laporan sementara terkait kota dengan udara terburuk di Indonesia untuk hari ini, 7 Oktober 2023.