TANGSELIFE.COM– Libur panjang jalur Puncak Bogor, Jawa Barat mengalami kepadatan lalu lintas sejak pagi hingga sore ini, Kamis 1 Juni 2023.

Meski telah diberlakukan rekayasa lalu lintas berupa ganjil genap dan one way atau satu arah tetap saja kemacetan terjadi di jalur wisata tersebut.

Volume kendaraan roda dua dan roda empat menuju kawasan Puncak Bogor meningkat saat libur panjang Hari Lahir Pancasila, Kamis 1 Juni 2023.

Jalur Puncak Bogor
Foto udara kemacetan arus lalu lintas di salah satu jalur wisata Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis, 1 Juni 2023.

Kepadatan kendaraan terpantau mulai pintu tol keluar Ciawi sampai dengan Simpang Gadog yang mengarah ke Puncak Bogor.

Kemacetan diduga dipicu arus jalan bottle neck di persimpangan selepas kawasan Gadog atau tepatnya di Pasir Muncang.

Akibat kepadatan lalu lintas itu, mulai pukul 08.00 WIB, Polres Bogor memberlakukan one way dari Jakarta mengarah Puncak Bogor.

Meski begitu, hingga menjelang sore ini lalu lintas terpantau masih padat baik dari arah Ciawi maupun Tol Jagorawi yang mengarah ke kawasan Puncak.

“Situasi lalu lintas di kawasan wisata Puncak pada hari pertama liburan long weekend ini padat,” terang Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata, Kamis, 1 Juni 2023.

Dia juga mengatakan kemacetan karena arus kendaraan dari arah Jakarta menuju kawasan Puncak Bogor terus berdatangan.

Cegah Kemacetan Parah One Way Diberlakukan di Jalur Puncak Bogor

“Untuk mengurangi kemacetan kami melaksanakan one way arah Puncak. Sebelumnya kami juga melaksanakan ganjil genap dari Rabu kemarin,” ujarnya juga.

Dia juga mengatakan, kalau one way akan dilakukan secara situasional melihat volume kendaraan di kawasan Puncak.

One way diterapkan jika volume kendaraan meningkat. “Jadi kita lihat apabila diperlukan atau dibutuhkan one way maka kita mainkan. Seperti saat ini,” paparnya juga.

Dicky juga mengatakan, biasanya pada pagi hari dilaksanakan one way mengarah ke kawasan Puncak dan kpada siang dilaksanakan one way ke arah Jakarta

“Tapi saat ini kami masih terapkan one way ke arah Puncak karena arus lalu lintas dari Jakarta masih padat,” katanya juga.

Sebanyak 200 personel kepolisian dari Polres Bogor dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor disiagakan selama masa long weekend ini.

“Jadi untuk berjaga selama long weekend, sepanjang Jalan Raya Puncak yang panjangnya 22 kilometer ini kami siagakan 200 personel dengan empat pos pengamanan,” paparnya lagi.

Pantauan di Simpang Gadog, sejak pagi hingga siang kendaraan yang mengarah ke kawasan Puncak didominasi pelat B atau dari Jakarta dan sekitarnya.