TANGSELIFE.COM – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) resmi meluncurkan logo Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia, Senin 24 Juni 2024.

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono menuturkan, logo HUT ke-79 RI dibuat atas kerja sama Kemensetneg, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), dan Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI).

Adapun tema logo HUT ke-79 RI yang diusung adalah ‘Nusantara Baru Indonesia Baru’.

“Saya ucapkan terima kasih dari ADGI yang telah menyiapkan logo-logo ini. Untuk tahun ini logo yang dipilih hasil karya Mba Inggrid Wenas,” kata Heru, yang sekaligus menjadi Ketua Panitia HUT ke-79 RI, dikutip dari laman Setneg RI.

Tema dan Makna Logo HUT ke-79 RI

Tema Logo HUT ke-79 RI

Menurut Heru, secara garis besar tema ‘Nusantara Baru Indonesia Baru’ menggambarkan transisi, yakni kepindahan ibu kota negara dan kepemimpinan yang baru.

“Bukan hanya transisi pemindahan ibu kota negara, tapi juga transisi yang berikutnya kepemimpinan bangsa dan negara kita,” jelas Heru.

Sekretaris Kemensetneg Setya Utama menyebut, logo HUT ke-79 RI memiliki turunan yang akan mulai dipasang dan disosialisasikan dalam waktu dekat.

“Nanti mulai dari tanggal 26 Juni Kemenparekraf akan mensosialisasikan turunan dari logo ini, akan dipasang di mana.”

“Harapannya teman-teman ADGI juga tolong disosialisasikan kepada masyarakat luas bukan hanya sebatas kementerian dan lembaga,” ujar Setya.

Makna Logo HUT ke-79 RI

Angka 7 menyimbolkan tujuh konsep negara yakni negara kepulauan, lambang negara, pertumbuhan ekonomi, keberlanjutan, ekonomi hijau, persatuan dan harapan, serta kesetaraan.

Selain itu, angka 7 mirip seperti lambang Garuda, yang bermakna kekuatan negara, sehingga diartikan sebagai pilar kebangsaan yaitu Pancasila.

“Angka 7 menyerupai panah ke kanan atas merupakan simbol harapan Indonesia untuk meningkatkan investasi dan ekspor untuk memenuhi misi Indonesia dalam menggerakkan ekonomi,” terang Setya.

Adapun angka 9 yang berbentuk dahan bermakna prinsip pembangunan negara yang berlandaskan ekonomi hijau.

Selain itu, angka 9 memiliki makna lain yakni bersinergi dengan alam dan memperhatikan akar budaya serta identitas.

Logo HUT ke-79 RI
Logo HUT ke-79 RI

Selanjutnya, lengkungan dari segala arah yang saling terhubung merupakan simbol prinsip pembangunan yang berkelanjutan.

Jika diperhatikan dengan seksama, kaki angka 7 dan 9 terbuat dari bentuk yang sama, yaitu bentuk dua tangan menyatu yang menggambarkan persatuan masyarakat Indonesia.

Lebih lanjut, dua gelombang dengan arah yang sama di bagian atas dan bawah menyimbolkan tujuan Indonesia dalam desentralisasi dan memeratakan pembangunan demi kesetaraan.

Heru menuturkan logo HUT ke-79 RI memakai elemen desain grafis yang terinspirasi dari aliran sungai, yang bermakna koneksi dan dinamisme.

Dua hal tersebut diharapkan bisa terjalin dalam peralihan ibu kota negara dan kepemimpinan yang akan dilakukan tahun ini.

“Selain itu, elemen grafis terinspirasi dari aliran sungai yang merupakan sumber kehidupan. Umumnya sungai memiliki cabang-cabang yang pada akhirnya akan mengarah pada satu muara yang sama.”

“Hal ini menyiratkan berbagai rumpun yang menyatukan kekuatan dan bergerak menuju Nusantara Baru Indonesia Maju,” jelas Pj Gubernur DKI Jakarta itu.

“Bentuk keseluruhan yang meliuk-liuk dan panjang menyerupai ikon sungai terpanjang di Indonesia, tepatnya di Kalimantan, Sungai Kapuas, memiliki makna dan harapan bahwa Indonesia akan menjadi negara yang dinamis,” tutup Heru.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Whatsapp Channel Tangselife di Ponsel Kamu
Dien
Reporter