TANGSELIFE.COM – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan tiga orang terkait dugaan korupsi pengadaan truk angkut personel 4WD dan Rescue Carrier Vehicle pada 2013-2018.

Ada pun tiga orang tersebut yaitu, mantan Sekretaris Utama (Sestama) Badan SAR Nasional (Basarnas), Max Ruland Boseke, mantan Pejabat Pembuat Komitmen, Anjar Sulistyono, dan Direktur CV Delima Mandiri, William Widarta.

Direktur Penyidikan KPK, Asep Guntur Rahayu mengatakan, terkait kasus dugaan korupsi pada November 2013 Basarnas mengajukan usul Rencana Kerja Anggaran untuk pengadaan truk angkut personel 4 WD senilai Rp 47,6 miliar, dan rescue carrier vehicle senilai Rp48,7 miliar.

Selanjutnya, Max Ruland Boseke dalam kasus ini menyerahkan daftar calon pemenang pada Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Anjar Sulistiyono, dan Tim Pokja Pengadaan Basarnas.

“Dalam daftar itu, pengadaan truk angkut dan rescue carrier vehicle akan dimenangkan PT Trikarya Abadi Prima (PT TAP). Perusahaan yang dikuasai dan dikendalikan saudara WLW selaku Direktur CV Delima Mandiri,” kata Asep, Selasa, 25 Juni 2024.

Lanjut Asep, Anjar kemudian menyusun harga perkiraan sendiri (HPS) pada Januari 2014, dengan menggunakan data yang disusun Riki Hansyah, pegawai William Widarta.

“Tentunya, hal itu melanggar ketentuan Perpres 54 Tahun 2010 tentang pengadaan barang/jasa pemerintah,” ungkapnya.

Asep mengatakan, William kemudian mengikuti lelang proyek pengadaan tersebut, dan Tim Pokja Basarnas pada Maret 2014 mengumumkan bahwa PT TAP yang dikendalikan William keluar sebagai pemenangnya.

“Sehingga terdapat persekongkolan dalam pengadaan tersebut dan terdapat kesamaan IP Address peserta, surat dukungan, serta dokumen teknis penawaran dari PT TAP dan perusahaan pendampingnya yaitu PT ORM (Omega Raya Mandiri) dan PT GIM (Gapura Intan Mandiri),” paparnya.

Asep menjelaskan, PT TAP menerima pembayaran uang muka pada Mei 2014. Dua bulan kemudian, William menyerahkan Rp 2,5 miliar pada Max.

“Saudara MRB menggunakan uang dari saudara WLW sebesar Rp2,5 miliar untuk membeli ikan hias dan belanja kebutuhan pribadi lainnya,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Whatsapp Channel Tangselife di Ponsel Kamu
Sopiyan
Editor
Sopiyan
Reporter