TANGSELIFE.COM – Masjid Al-Azhar BSD akan menggelar berbagai kegiatan selama bulan suci Ramadhan 1445 hijriah.

Masjid Al-Azhar BSD itu bernama Masjid As-Syarif menyiapkan ribuan porsi menu buka puasa selama Ramadhan 2024 ini.

Kegiatan di Masjid Al-Azhar BSD itu difokuskan pada kegiatan peningkatan ibadah di bulan Ramadhan. Mulai dari tarawih hingga caramah.

Kepala Sekretariat DKM As-Syarif Al-Azhar BSD, Amir Ma’ruf mengatakan, berbagai kegiatan disiapkan untuk lebih menyemarakan bulan ramadhan tahun ini dengan aktivitas-aktivitas yang positif.

“Program yang kita laksanakan terbagi menjadi dua hal, yang pertama berkaitan dengan ibadah yang kedua berkaitan dengan sosial,” kata Amir Ma’ruf saat ditemui Tangselife.com di Masjid As-Syarif Al-Azhar BSD, Rabu, 13 Maret 2024.

Ia menjelaskan, program yang berkaitan dengan ibadah dan dakwah itu di terdiri dari sholat tarawih, ceramah tarawih, kajian kuliah Subuh, kuliah dhuha dan kajian Ashar.

Sementara untuk program sosial diantaranya ada santunan 500 yatim, penyaluran zakat infaq dan shodaqoh, penyediaan buka puasa setiap hari, serta sahur bersama.

Untuk program buka puasa bersama, Masjid As-Syarif Al-Azhar BSD menyediakan 150 hingga 250 paket makanan untuk para jamaah.

“Jadi selama sebulan itu kita kurang lebih sekitar 8.000 porsi untuk penyediaan buka puasa.

Yang sumber dananya memang dari para jamaah itu sendiri,” tuturnya.

Amir mengatakan, pihaknya juga menyediakan program khusus bernama kidszone. Kidszone merupakan tempat penitipan anak berumur 1 sampai 5 tahun.

Di tempat itu anak-anak tersebut akan ditemani oleh beberapa pendamping sehingga tidak mengganggu para orang tua melaksanakan sholat terawih.

“Jadi kami sediakan 1 tempat khusus dengan 4 orang pembina, jadi mereka dikasih pelajaran-pelajaran atau bermain di satu tempat yang tujuannya adalah orang tuanya bisa tenang beribadah dan anak-anaknya juga bisa tenang dititipkan selama tarawih,” ujarnya.

Amir mengungkapkan, untuk program kajian terdiri dari beberapa jenis yaitu ada yang dilaksanakan setiap hari ada juga yang dilaksanakan satiap minggu.

Para pengisi kajian merupakan mereka yang dinilai memiliki kapasitas keilmuan dan dikenal di masyarakat, salah satunya ada Aa Gym.

“Aa Gym itu sebenarnya sudah rutin bahkan diluar bulan ramadhan dia mengisi disini setiap minggu kedua. Beliau sudah sekitar 10 tahun lebih mengisi tetap disini,” terangnya.

Semantara untuk program sahur bersama, Amir menyebut, hal itu akan mulai dilaksanakan pada 10 hari terakhir pelaksanaan Ramadhan.

Pasalnya pada 10 terakhir juga akan banyak jamaah yang melakukan itikaf di Masjid yang memiliki kapasitas 3.000 jamaah tersebut.

Untuk tahun ini, Masjid As-Syarif Al-Azhar BSD menyediakan kuota bagi masyarakat yang ingin melakukan itikaf.

“Biasanya kita buka pendaftaran karena berkaitan dengan sarana prasarana untuk tinggal di masjid selama 10 hari mulai dari makanan, kebersihan dan lain-lain,” ujarnya.

“Bisanya kalau di malam-malam ganjil berdasarkan pengalaman tahun lalu bisa sampai 300 hingga 400 porsi yang kami sediakan. Kalau untuk tahun ini kita tampung di angka 100,” pungkasnya.