TANGSELIFE.COM – Ribuan buruh asal Tangsel diprakirakan akan mengikuti aksi demo dalam momentum hari buruh yang diperingati setiap tanggal 1 Mei atau May Day.

Koordinator Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Tangsel, Sugiyanto mengatakan, pihaknya memprakirakan kurang lebih 2.000 buruh akan bergerak dari Tangsel menuju Jakarta besok.

“Kalau gabungan se Tangsel mungkin diprakirakan kurang lebih 2.000 buruh akan ikut demo besok,” kata Sugiyanto kepada Tangselife.com, Selasa, 30 April 2024.

Jumlah tersebut merupakan gabungan pekerja yang tercatat berada di bawah naungan 7 organisasi serikat buruh asal Tangsel.

“Perwakilan dari organisasi sudah melakukan konsolidasi dan mempersiapkan teknis keberangkatan kemarin,” ungkapnya.

Untuk aksi buruh besok, Sugiyanto mengungkapkan, tuntutan pekerja masih fokus seperti tahun-tahun sebelumnya yaitu terkait Undang-Undang Cipta Kerja atau Omnibus Law.

Sugiyanto memastikan aksi buruh besok hanya digelar dan difokuskan di depan Istana Negara, Jakarta.

Sehingga tidak ada buruh yang akan melakukan aksi di depan kantor pusat pemerintahan daerah.

Buruh asal Tangsel sendiri direncanakan akan bergerak dari Tangsel menuju Jakarta pada pagi hari dengan konvoi menggunakan sepeda motor.

“Teknis keberangkatan kumpul di pabrik masing-masing dan langsung menuju ke Istana, intinya titik kumpul di Istana siangnya baru ke GBK. Rencananya berangkat jam 08.00 konvoi menggunakan motor,” pungkasnya.

Jihan Hoirunisa
Editor
Andre Pradana
Reporter