TANGSELIFE.COM – Ruas Jalan Benda Raya yang berada di Kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang sebelumnya rusak dan berpasir kini telah diperbaiki.

Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi (DSDABMBK) Kota Tangsel, Ahmad Fatulloh mengatakan, jalan tersebut hingga saat ini masih dalam masa pemeliharaan oleh pihak kontraktor pelaksana.

Sehingga proses perbaikan ruas Jalan Benda Raya yang kemarin mengalami kerusakan juga dilakukan oleh pihak kontraktor.

“Dari Rabu sampai Kamis dini hari sudah dilakukan perbaikan jalan yang berlubang oleh kontraktor pelaksana,” kata Fatul dalam keterangan tertulis yang diterima Tangselife.com, Jumat, 19 Januari 2024.

Fatul mengklaim kerusakan beberapa sisi pada ruas jalan yang menghubungkan wilayah Parakan Pamulang dan Maruga Ciater itu dikarenakan curah hujan terjadi di Kota Tangsel dalam beberapa hari belakangan.

Selain Jalan Benda Raya Pamulang, Sejumlah Jalanan Rusak di Tangsel Akan Turut Diperbaiki.

Diberitakan sebelumnya sebagian ruas jalan Benda Raya yang berada di Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terlihat mulai kembali rusak pada beberapa sisi.

Padahal jalan yang menghubungkan wilayah Parakan Pamulang dan wilayah Serua Ciputat itu baru diperbaiki pada akhir 2023 lalu.

Selain terdapat kerusakan pada beberapa sisi, jalan di sepanjang Benda Raya juga terlihat dipenuhi bebatuan kecil dan berpasir sehingga sangat membahayakan pengendara.

Salah seorang juru parkir, Angga mengatakan, sejauh pengetahuannya memang belum ada kejadian kecelakaan akibat jalan yang berpasir.

Namun ia tak menampik kondisi jalan yang berpasir sangat berbahaya bagi para pengendara yang melintasi jalur tersebut.

“Setau saya si belum ada (yang kecelakaan) tapi jangan sampai ada kecelakaan. Tapi emang bahaya, karena jalanan pasti licin,” katanya saat berbincang dengan Tangselife.com, Sabtu, 13 Januari 2024.

Senada, salah seorang pengendara yang juga merupakan warga Benda Baru Pamulang, Adit menyebut, ia sering kali harus menurunkan kecepatan kendaraannya saat melintas jalan tersebut.

Ia mengaku merasa khawatir lantaran sebagian sisi jalan terdapat banyak bebatuan dan berpasir.

“Pasti pelan-pelan kalau lewat sini (Jalan Benda Raya, red), paling kalau mau aman lebih ambil ke tengah yang jalannya lebih bersih,” tandasnya.

Selain itu, Kepala Bidang Bina Marga DSDABMBK Fatul juga mengungkapkan, selain Jalan Benda Raya Pamulang yang diperbaiki, jalan di wilayah lain yang mulai mengalami kerusakan dan masih dalam masa pemeliharaan juga akan kembali diperbaiki.

“Enam bulan ke depan itu masih tanggung jawab kontraktor. Ada beberapa titik, termasuk Jalan Jombang Raya, lengkong gudang timur jalan sumatera, dan Jalan AMD Jelupang juga itu ada beberapa titik yang akan diperbaiki oleh kontraktor pelaksana,” tuturnya.

Fatul mengungkapkan, masa pemeliharaan sendiri berlangsung selama 6 bulan setelah masa pekerjaan selesai pada akhir bulan Desember 2023.

Oleh karena itu ia minta masyakarat untuk menyampaikan keluhan jika didapati ada jalan yang baru diaspal namun telah mengalami kerusakan.

“Itu masih menjadi tanggung jawab kontraktor sampai 6 bulan ke depan. Kita sudah sampaikan ke pihak kontraktor untuk melakukan survei, memperhitungkan, dan melakukan perbaikan. Sekarang sudah dilakukan perbaikan,” pungkasnya.

Andre Pradana
Reporter