TANGSELIFE.COMKampung Turis Pangandaran merupakan tempat wisata kuliner yang dipenuhi dengan restoran seafood dan hiburan malam.

Namun, kabar duka datang dari Kampung Turis Pangandaran hari ini, 31 Agustus 2023, pasalnya dikabarkan telah terjadi kebakaran pada pukul 08.00 di kawasan tersebut.

Diketahui peristiwa tersebut terjadi karena korsleting listrik yang membuat tiga restoran habis dilahap oleh si jago merah.

Diduga korsleting listrik berasal dari Restroan Siti Mungil yang kemudian menyambar dua restoran lainnya yakni Morgan dan Hello Beach.

Api pun berhasil dipadamkan setelah dua jam yang dilakukan oleh tim pemadam kebakaran dan TAGANA (Taruna Siaga Bencana) serta masyarakat setempat.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini hanya mehanguskan bangunan dan restoran yang ada di Kampung Turis Pangandaran.

Lantas, di mana kah Kampung Turis Pangandaran berada dan apa saja yang ada di sana?

Mengenal Kampung Turis Pangandaran.

Penampakan Kampung Turis Pangandaran Sebelum Kebakaran Hari ini, 31 Agustus 2023
Penampakan Kampung Turis Sebelum Terjadi Kebakan yang merupakan tempat wisata kuliner yang dipenuhi dengan restoran seafood dan hiburan malam.

Dahulu Kampung Turis Pandangaran adalah sebuh kawasan pantai mati yang sepi peminat dan jarang dihampiri oleh wisatawan.

Disebut pantai mati karena dulunya hanya hamparan pasir tak berpenghuni yang memiliki ombak tinggi dan angin kencang.

Berlokasi di Pamugaran, Desa Wonoharjo, Kecamatan Pengandaran, Kabupaten Pangandaran kini telah diminati oleh banyak wisatawan terutama saat musim libur tiba.

Berjarak 2 km dari Bundaran Marlin, Kampung Turis menyediakan banyak rumah makan seafood, kafe dan tempat hiburan malam.

Selain itu, Kampung Turis menjadi salah satu tempat wisata favorit para wisatawan yang ingin mencari kuliner enak dengan pemandangan indah.

Banyak yang menggambarkan bahwa suasana di Kampung Turis seperti di Ubud Bali, rumah makan yang ada di sana berkonsep kayu dan bambu.

Setiap rumah makan seafood yang ada di sana juga hadir dengan konsep yang berbeda-beda menambahkan kesan unik disetiap tempatnya.

Di Kampung Turis Pangandaran ada 13 rumah makan seafood yang juga menyatu dengan kafe, sehingga para wisatawan bisa bebas memilih restoran mana yang ingin dikunjungi.

Restoran serta Kafe yang ada di Kampung Turis menghadirkan live musik, DJ dan hiburan lainnya setiap akhir pekan.

Dari total 13 restoran dan kafe yng ada didominasi oleh rumah makan seafood yang menyediakan olahan ikan khas Pangandaran mulai dari pindang gunung, bakar ikan kakap, sampai olahan cumi dan udang yang lezat.

Rumah makan yang cukup terkenal di kawasan Kampung Turis adalah Mina Family, Mina Sari, Morgan, De Icha Seafood, Risma Seafood, Tirta Bahari, Hello Beach dan Pangandaran Lounge.

Sedangkan untuk kafe dan restoran yang menyediakan hiburan ada Bamboo Kafe, Siti Mungil, dan Sagar and Bar Resto.

Wisatawan juga dapat mengabadikan moment dengan pemandangan yang indah terutama saat sunset di sore hari.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran Tonton Guntari mengatakan Kampung Turis menjadi salah satu rekomendasi tempat berlibur di Pangandaran.

Kampung Turis Pangandaran Dulu Dikenal Sebagai Pantai Mati.

Sebelum menjadi destinasi wisata Kampung Turis Pangandaran merupakan sebuah kawasan pantai mati yang tidak bisa dipakai untuk berenang karena ombaknya besar.

Kampung Turis menjadi kawasan pantai mati terjadi usai tesampu tsunami pada tahun 2006.

Menurut pengakuan warga setempat, dulu di sebelah kanan jalan arah Pangandarsn atau sebrang Kampung Turis dipenuhi oleh warung remang-ramang tapi sudah lama ditutup Pemda.

Keberadaan Kampung Turis ini bermula saat ditahun 2016 ada pemindahan kafe dan restoran di pantai barat ke keawasan Pamugaran.

Meskipun awalnya mendapat penolakan dari pedagang dan pemilik restoran, namun pada tahun 2017 terjadi kesepakatan antara Pemkab Pangandaran dan para pemilik kios.

Akhirnya semua kafe dan restoran resmi dipindahkan ke Kampung Turis, untuk pedangang dialokasikan ke pusat perbelanjaan Nanjung Sari, Nanjung Endah, dan Nanjung Elok.

Usaha pemerintah setempat yang ingin menghidupkan kembali kawasan pantai mati itu berjalan lancar sampai menjadi destinasi populer bagi wisatawan.

Namun, pada hari Kamis, 31 Agustus 2023 adanya insiden kebakaran yang melahap Kampung Turis akan kah membuat kawasan ini kembali menjadi pantai mati?

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Whatsapp Channel Tangselife di Ponsel Kamu