TANGSELIFE.COM – Masjid Istiqlal yang berlokasi di Jakarta Pusat menyediakan program buka puasa bersama para jemaah selama bulan Ramadhan 1445 Hijriah.

Pihak masjid tersebut telah menyiapkan ribuan boks takjil untuk umat Muslim buka puasa bersama.

“Kita telah merencanakan dari Senin-Kamis, tersedia kurang lebih 4.000 boks untuk 4.000 jemaah tiap hari Senin-Kamis. Namun, untuk Jumat-Minggu kita tingkatkan jadi 6.000 boks per harinya,” ucap Ketua Harian Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI).

Lebih lanjut ia mengungkapkan, konsumsi yang disediakan untuk para jemaah diperoleh dari jasa katering, bukan relawan dapur umum.

Hal ini dilakukan untuk mencegah penyediaan makanan yang memakan waktu lama.

“Bukan (relawan), karena kalau pakai volunteer agak lambat ya. Kemudian capeknya luar biasa,” lanjut Ismail.

Dengan demikian, pihak Masjid Istiqlal menargetkan makanan berbuka telah dikirimkan pukul 16.00 WIB.

Mereka memastikan setiap harinya 4.000-6.000 makanan di Masjid Istiqlal sudah tersedia pada jam 4 sore, karena biasanya jemaah datang pukul 16.00 WIB.

Momen buka puasa di Masjid Istiqlal ini tak hanya diikuti oleh masyarakat saja, tetapi juga sejumlah pejabat yang akan hadir.

Para pejabat tersebut akan hadir sesuai dengan jadwal yang telah disepakati.

“Ada sejumlah pejabat yang sudah meminta waktu, misalnya Pak Gubernur di hari pertama, kedua, beliau telah menjadwalkan untuk hadir. Beberapa pejabat yang lain menyatakan untuk berbuka puasa bersama di sini,” pungkas Ismail.

Dwi Oktaviani
Editor