TANGSELIFE.COM – Muhammadiyah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah jatuh pada Rabu, 10 April 2024.

Tanggal tersebut ditetapkan berdasarkan Hisab Hakiki Wujudul Hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir, memprediksi bahwa Idul Fitri Muhammadiyah akan bersamaan dengan pemerintah.

Dikutip dari data Maklumat PP Muhammadiyah Nomor 1/MLM/I.0/E/2024 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1445 H, tinggi bulan pada saat matahari terbenam tanggal 9 April 2024 M di Yogyakarta (-70° 48′ LS dan 2 = 110° 21′ BT) +06° 08′ 28″ (hilal sudah ada), dan di Wilayah Indonesia pada saat Matahari terbenam Bulan berada di atas ufuk.

Sementara itu, pemerintah masih menunggu sidang isbat yang akan diselenggarakan oleh Kementerian Agama untuk menetapkan Idul Fitri 1445 Hijriah.

Haedar Nashir menghormati apapun keputusan yang diambil pemerintah. Nantinya, ia berharap adanya satu kalender Hijriah yang bersifat global.

Ia mengatakan bahwa PP Muhammadiyah dengan rendah hati dan terus mengomunikasikan agar umat Islam bukan hanya di Indonesia, tapi di seluruh dunia perlu mengarah pada KHGT.

Idul Fitri Muhammadiyah dan Pemerintah Indonesia Berpotensi Bersamaan

Thomas Djamaludin selaku Peneliti Ahli Utama Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memprediksi, baik Muhammadiyah atau Pemerintah Indonesia akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah secara bersamaan.

Ia mengungkapkan, bulan telah mencapai 6 derajat dengan sudut elongasi 8 derajat di wilayah Indonesia pada Selasa, 9 April 2024.

Menurutnya, kriteria tersebut sudah mencapai kriteria yang ditetapkan Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS) dan kini sudah menjadi patokan pemerintah Indonesia.

Thomas mengatakan ada kemungkinan Lebaran diputuskan jatuh pada Rabu saat sidang isbat nanti.

Kendati demikian, Kementerian Agama (Kemenag) tetap akan menggelar sidang isbat di Auditorium HM. Rasjidi, Kantor Kemenag RI, Jalan MH. Thamrin, Jakarta pada Selasa 9 April 2024.

Berdasarkan data hisab, ijtimak terjadi pada Selasa, 29 Ramadhan 1445 Hijriah atau 9 April 2024 M sekira pukul 01.20 WIB.