TANGSELIFE.COM – Pasar Sipon Cipondoh Kota Tangerang disikat habis. Penertiban itu dilakukan untuk memberantas kawasan kumuh di lapak pasar yang berada di aliran irigasi Sipon.

Pasar Sipon itu disikat habis oleh petugas gabungan dari Pemerintah Kota Tangerang. Penertiban sudah dilakukan sejak Senin, 22 April 2024 kemarin.

Pasar Sipon dibersihkan dari lapang pedagang liar itu bukan kali pertama dilakukan oleh Pemkot Tangerang.

Pasalnya, Pemkot Tangerang juga melakukan penertiban serupa yakni pada 2022 lalu. Saat itu, penertiban dipimpin oleh Camat Cipondoh Rizal Ridollah bersama dengan dinas terkait.

Ternyata, penertiban itu tak ampuh. Aktivitas pedagang liar di Pasar Sipon kembali menjamur. Hal itu membuat Pemkot Tangerang harus melakukan penertiban lagi.

Penertiban Pasar Sipon ini dipimpin langsung oleh Pj Wali Kota Tangerang Nurdin sejak Senin, 22 April 2024.

Nurdin mengatakan, penertiban Pasar Sipon itu dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi warga. 

“Kita pastikan fasilitas saluran air, taman dan bahu jalan dapat difungsikan dengan baik tanpa ditumbuhi lapak-lapak liar yang mengganggu kenyamanan warga,” kata Nurdin dalam keterangan resminya dikutip Selasa, 23 April 2024.

Nurdin menerangkan, pihaknya juga telah menyiapkan tempat para pedagang liar yang lapaknya digusur itu.

“Kita dorong agar masuk ke lokasi pasar yang sudah eksisting di Kawasan Sipon dan di Plaza Shinta,” terangnya.

Pengamanan Pasar Sipon

Dalam proses penertiban Pasar Sipon itu, skema pengamanan pun sudah disiapkan. Mulai dari membuat pos pantau dan petugas siaga 24 jam.

Sekretaris Satpol-PP Kota Tangeramg Agapito De Araujo mengatakan, pembangunan pos pantau itu akan dilakukan di tiga titik strategis sepanjang Jalan Irigasi Sipon.

Pada hari kedua penertiban Pasar Sipon, Agapito fokus pada penyisiran sejumlah lapak pedagang liar. Hal itu dilakukan untuk memastikan tak ada pedagang liar yang nekat berjualan di lapaknya lagi.

“Kita juga menormalisasi kawasan dengan membongkar sisa lapak pedagang liar,” ungkap Agapito.

Agapito menuturkan, pihaknya juga bakal menerjunkan petugas untuk melakukan penjagaan 24 jam di kawasan Pasar Sipoin itu.

“Rencananya kami akan menugaskan petugas berjaga selama 24 jam, tetapi ini sedang diikaji,” tuturnya.

Wivyh
Editor
Wivyh
Reporter