TANGSELIFE.COM – Pihak Polres Tangerang Selatan (Tangsel) telah memanggil berbagai pihak pasca pesawat jatuh di Sunburst BSD, Kecamatan Serpong, beberapa waktu lalu.

Kasie Humas Polres Tangsel, AKP Muhammad Agil Syahril mengatakan, pemanggilan dilakukan untuk memintai keterangan awal terkait kejadian tersebut.

“Pengumpulan bahan keterangan awal dan klarifikasi terhadap beberapa pihak seperti saksi-saksi di TKP, Pihak ATC dan General Affair IFC (Indonesian Flying Club) telah kami laksanakan,” kata Agil, Rabu, 22 Mei 2024, untuk melanjuti kasus pesawat jatuh tersebut.

Agil sendiri tak menyebut kapan pastinya berbagai pihak tersebut mendatangi Polres Tangsel.

Namun proses pemanggilan itu diharapkan pihaknya dapat mengetahui pasti gambaran aktivitas pesawat dari sejak berangkat hingga terjadi kecelakaan.

“Untuk mengetahui gambaran sementara rute pesawat serta waktu penerbangan dari pertama take off hingga ditemukan kecelakaan di TKP,” terangnya.

Sementara proses penyelidikan untuk mengetahui penyebab pasti kecelakaan pesawat saat ini masih dilakukan oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

“Terkait investigasi untuk menyelidiki sebab-sebab kecelakaan pesawat saat ini masih berproses dan ditangani KNKT,” pungkasnya.

KNKT Bentuk Investigation Planning Ungkap Kejadian Pesawat Jatuh di BSD

Kepala KNKT, Soerjanto Tjahjono sebelumnya menyebut tengah mengumpulkan seluruh data terkait jatuhnya pesawat TecnamP2006T.

KNKT juga sedang melakukan konsolidasi dengan membuat Investigation Planning untuk mengetahui penyebab jatuhnya pesawat tersebut.

“Dari investigation planning itu setelah berjalan apakah ada kesulitan-kesulitan, jadi investigation planning itu bisa berubah dengan bertambahnya informasi yang kita dapat,” kata Soerjanto, Senin, 20 Mei 2024.

Menurutnya dengan terbentuknya investigation planning nantinya waktu pelaksanaan investigasi untuk mengetahui penyebab jatuhnya pesawat dapat segera ditentukan.

“Nanti kalau sudah ada investigation planningnya nanti kita tahu kira-kira berapa lama investigasi ini bisa kita selesaikan, sedang mempersiapkan itu,” pungkasnya.

Andre Pradana
Editor
Andre Pradana
Reporter