TANGSELIFE.COM – Daftar pemilih pemuda pada kontestasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024 di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tercatat memiliki jumlah yang cukup besar.

Berdasarkan catatan KPU Tangerang Selatan, pemilih pemuda yang terdiri dari gabungan generasi milenial dan generasi z memiliki jumlah 50
persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang telah ditentukan.

Mereka yang lahir dari tahun 1981-1996 atau masuk dalam generasi milenial tercatat ada 369.918 pemilih atau 35 persen dari DPT.

Sedangkan mereka yang lahir dari tahun 1997-2008 atau masuk dalam generasi Z tercatat ada 242.459 pemilih atau 23 persen dari DPT.

Komisioner KPU Tangsel Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Heni Lestari tak menampik bahwa generasi milenial adalah generasi yang menjadi daftar pemilih terbanyak pada Pilkada 2024 ini.

“Tapi kita juga menafikan di atas milenial yang juga mendominasi pemilih yang ada di Tangsel,” kata Heni, Selasa, 8 Oktober 2024.

Pemilih di Pilkada Tangsel 2024 Didominasi Oleh Generasi Milenial dan Gen Z

Menurutnya siapapun yang mampu mendominasi suara di generasi milenial dan generasi Z berpotensi besar keluar sebagai pemenang Pilkada Tangerang Selatan 2024.

“Di data DPR yang ada di kita kuncinya di milenial baru di gen z, cuman di dua elemen ini baik milenial gen z mendominasi sekali,” tuturnya.

Heni mengungkapkan, pada kontestasi Pilkada 2024 ini, KPU Tangsel menargetkan jumlah partisipasi pemilih mencapai 70 persen.

Dengan berbagai upaya yang dilakukan, salah satunya mengunjungi sosialisasi ke SMA-SMA ia yakin target tersebut dapat tercapai.

“Dengan menyasar SMA-SMA ini jauh lebih optimis mudah-mudahan target 70 persen angka partisipasi kita bisa capai untuk di Tangerang Selatan,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Jihan Hoirunisa
Editor
Andre Pradana
Reporter