TANGSELIFE.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) menambah kuota peserta mudik gratis Lebaran 2024.

Kuota mudik gratis dipastikan bertambah 300 peserta, sehingga secara keseluruhan menjadi 1.000 jika ditambah dari ketentuan awal yang hanya menyediakan 700 kuota.

Kasie Angkutan Orang dan Barang pada Dishub Tangsel, Galang Andika mengatakan, penambahan kuota diberikan lantaran tingginya antusias masyarakat dalam melakukan pendaftaran.

Pemkot Tangsel juga akan menambah 7 armada bus lagi untuk mengangkut tambahan 300 peserta mudik gratis tersebut.

“Ada penambahan 300 peserta lagi, jadi totalnya 1.000 peserta mudik gratis Pemkot Tangsel,” kata Galang Andika di Terminal BSD, Senin, 25 Maret 2024.

Tambahan kuota itu akan mengangkut masyarakat dengan kota tujuan yang sama dari sebelumnya yaitu Jawa dan Sumatera.

Untuk Jawa terdiri dari Jawa Barat dengan 3 tujuan akhir yaitu Banjar, Garut, dan Kuningan. Lalu untuk Jawa Tengah juga memiliki 3 tujuan akhir yaitu Jogjakarta, Wonosobo dan Solo.

Sementara untuk Jawa Timur rute tujuan akhirnya yaitu Surabaya, sedangkan Sumatera tujuan akhirnya akan mencapai terminal Rajabasa Lampung.

“Kuota offline diprioritaskan KTP domisili Tangsel dan yang kemarin daftar online. Misal 1 keluarga ada 4 orang tapi yang masuk mudik gratis sistem online hanya 1, itu yang 3 kita prioritaskan biar sama-sama pulang mudiknya,” ujarnya.

Cara dan Waktu Pendaftaran Kuota Tambahan Mudik Gratis

Galang mengungkapkan, khusus untuk kuota tambahan, masyarakat hanya bisa mendaftar melalui offline atau daftar langsung.

Pendaftaran mudik gratis bisa dilakukan dengan mendatangi loket pendaftaran Dishub Tangsel yang berada di Terminal Penumpang BSD, Kelurahan Rawa Mekar Jaya, Kecamatan Serpong.

Pendaftaran mulai dibuka pada hari Rabu 27 Maret 2024 dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB.

Masyarakat yang akan mendaftar juga diminta untuk langsung membawa seluruh berkas persyaratan diantaranya seperti Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan surat keterangan domisili.

“Pendaftaran hanya bisa offline saja, biar bisa divalidasi langsung oleh petugas,” pungkasnya.

Selain itu seluruh peserta mudik gratis juga harus memiliki surat keterangan sehat sejak H-2 keberangkatan. Keberangkatan akan dilakukan pada tanggal 4 April 2024 dari Terminal BSD, Tangsel.

Dwi Oktaviani
Editor
Andre Pradana
Reporter