Tangselife.com – Perbaikan rumah tak layak huni di Kecamatan Serpong Utara dan Pondok Aren selesai dilakukan oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Terbaru, Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie meresmikan sebanyak 70 rumah tak layak huni di Serpong Utara dan Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan meresmikan 94 unit rumah tak layak huni di Kecamatan Pondok Aren yang telah diperbaiki.

Benyamin mengatakan, program bedah rumah tak layak huni merupakan program prioritas Pemkot Tangsel untuk menjamin tempat tinggal yang layak bagi masyarakat.

“Dari yang tidak nya layak huni menjadi lebih pantas untuk ditinggali, ini program kami untuk bedah rumah yang tidak layak menjadi lebih layak,” kata Benyamin usai peresmian di Keluarahan Pakulonan, Serpong Utara, Selasa, 9 Juli 2024.

Tangsel
Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie saat meresmikan rumah tak layak huni yang selesai dibangun milik warga Kecamatan Serpong Utara, Selasa, 9 Juli 2024. Foto: Andre Pradana/Tangselife

Hal senada diungkapkan Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan saat meresmikan rumah tak layak huni milik warga yang sudah selesai dibangun di Kecamatan Pondok Aren, Rabu, 10 Juli 2024.

“Alhamdulillah untuk di Pondok Aren sebanyak 94 unit rumah tak layak diperbaiki, dan ini kunci telah kami serahkan kepada pemilik rumah,” ungkap Pilar.

Pilar menerangkan, secara teknis, penerima program manfaat bedah rumah telah melalui proses verifikasi yang dilakukan oleh Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimta) sesuai dengan Peraturan Wali Kota Nomor 110 tahun 2022. 

Di antaranya, kebenaran lokasi, ketersediaan, tingkat kerusakan dan termasuk kepemilikan lahan yang harus dimiliki sendiri.

Sementara itu, disampaikan Kepala Disperkimta Tangsel, Aris Kurniawan, bahwa program bedah rumah dari Pemkot Tangsel tidak hanya sekadar memperbaiki bagian yang rusak. Tetapi membangun kembali rumah dari pondasi hingga atap, dengan fasilitas lengkap.

“Untuk anggaran kurang lebih Rp71 juta perunit. Itu mulai perencanaan, pelaksanaan dan tenaga,” ujarnya 

Bahkan komitmen Pemkot Tangsel terkait program bedah rumah menjadi prioritas. Sejak 2015, Pemkot Tangsel telah memperbaiki rumah yang tak layak sebanyak 2.511 unit rumah. (Adv)

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow