TANGSELIFE.COM – Ratusan masyarakat Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terlihat memenuhi Terminal bayangan Ciputat yang berada di jalan Otista Raya, Kecamatan Ciputat, Tangsel.

Mereka mendatangi Terminal Bayangan Ciputat untuk mencari tiket pulang kampung ke halamannya masing-masing.

Mayoritas para pemudik terlihat pulang ke kampung halaman bersama dengan keluarganya.

Mereka juga membawa barang yang diangkut menggunakan tas berukuran besar, tak jarang di antara mereka juga membawa barang yang dibungkus menggunakan sebuah kotak besar.

Salah seorang pengelola PO bus di Terminal Bayangan Ciputat, Dadang mengatakan, peningkatan penumpang yang ingin melangsungkan perjalanan mudik baru terjadi pada hari ini.

Ia menyebut, hingga pukul 16.44 WIB masyarakat yang menaiki armadanya sekira 150 hingga 200 penumpang.

“Sudah mulai ramai dari H-7, tapi hari ini yang tercatat paling ramai,” kata Dadang saat ditemui di Terminal bayangan Ciputat, Sabtu, 6 April 2024.

Jumlah Pemudik di Terminal Bayangan Ciputat Pada Lebaran 2024 ini Mengalami Penurunan

Pemudik di Terminal Bayangan Ciputat
Suasana Puncak Arus Mudik Hari Pertama di Terminal Bayangan Ciputat. Foto: Tangselife/Andre Pradana

Kendati demikian Dadang mengungkapkan, jumlah pemudik pada tahun ini mengalami penurunan jika dibandingkan pada tahun sebelumnya.

Penurunan penumpang sendiri diprakirakan hingga mencapai 50 persen. Hal itu disinyalir karena banyaknya program mudik gratis yang diadakan oleh beberapa instansi.

Dadang menuturkan, bahwa harga tiket mengalami kenaikan harga. Di Terminal Bayangan Ciputat sendiri, tiket bus dijual dengan harga paling murah Rp350 ribu dan termahal Rp450 ribu.

“Termahal Rp450 ribu jurusan akhir Bawen Semarang, itu mengalami kenaikan karena sebelumnya hanya Rp250 ribu,” ungkapnya.

“Kalau termurah itu Rp350 ribu untuk tujuan akhir Cilacap Wonosobo. Sebelumnya hanya Rp200 ribu,” tambahnya.

Dadang menyebut, dalam periode mudik kali ini, tujuan akhir paling dominan yang dipilih oleh masyarakat yaitu Jogja dan Solo Jawa Tengah.

“Kemungkinan masih akan terus meningkat dan ramainya penumpang sampai H-2 lebaran,” pungkasnya.

Diketahui puncak arus mudik sendiri disebut akan terjadi selama 3 hari yaitu sejak tanggal 6 hingga 8 April 2024.

Andre Pradana
Reporter