TANGSELIFE.COMMunajat Kubro 212 digelar di Monumen Nasional (Monas) pada Sabtu 2 Desember 2023 dini hari.

Terkait diselenggarakannya kegiatan Munajat Kubro 212, Polda Metro Jaya mengerahkan 5.734 anggota untuk pengamanan di kawasan Monas.

Disamping itu, pihak kepolisian juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas yang akan diberlakukan bilamana diperlukan.

“Dengan jumlah banyak orang pasti ada pengalihan (arus) nanti. Tapi mudah-mudahan hari Sabtu nanti lebih landai,” ujar Kepala Satlantas Polres Metro Jakarta Pusat, Kompol Gomos Simamora.

“Kami belum tahu massanya jumlahnya berapa. Kalau udah ketahuan Polda nanti yang menentukan apakah alih arus biasa atau ada pengalihan,” jelasnya.

Massa Munajat Kubro 212 Diimbau Jaga Ketertiban

Selama pelaksanaan Munajat Kubro 212 di Monas, polisi meminta massa dalam kegiatan tersebut senantiasa menjaga ketertiban.

“Saya imbau untuk menjaga ketertiban dan kemudian ini kan lokasinya di dalam (kawasan Monas), sehingga harapannya tidak mengganggu orang lain,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo, Jumat 1 Desember 2023.

Terkait rekayasa lalu lintas di Monas saat kegiatan berlangsung, Trunoyudo belum memberikan rinciannya.

Trunoyudo mengatakan bahwa penerapan rekayasa lalu lintas selama Munajat 212 bersifat situasional.

“Sifatnya situasional untuk rekayasa lalu lintas tentu mengacu kepada kebutuhan,” tuturnya.

Munajat Kubro 212 bertajuk ‘Munajat untuk Kemenangan Palestina dan Keselamatan NKRI’ akan digelar mulai pukul 03.00 WIB sampai pukul 09.00 WIB.

Saat ini, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) melalui Pemprov DKI telah mengeluarkan izin penyelenggaraan Munajat Kubro 212 di Monas.

Sekretaris Kemensetneg, Setya Utama, mengatakan Kemensetneg menyetujui penyelenggaraan Munajat 212 asal tidak digunakan untuk kegiatan politik.

Lebih lanjut, Sekretaris Dewan Syuro PA 212 Ustadz Slamet Maarif, mengatakan telah melakukan rapat koordinasi dengan PT Monas, Kodam Jaya, Pemprov DKI, dan Polda Metro Jaya terkait penyelenggaraan Munajat Kubro 212.

Ustadz Slamet mengatakan telah mengundang Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dan pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk memberikan sambutan di agenda tersebut.

Disamping itu, turut diundang hadir Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto, serta ormas Islam NU dan Muhammadiyah.

Ketua Steering Comittee (SC) Munajat 212 Habib Muhammad bin Husain Alatas mengatakan pihaknya juga mengundang Habib Rizieq Shihab.

“Tentu saja kita mengundang Imam Besar Habib Rizieq Shihab, begitu juga semua tokoh yang terlibat dalam momen besar 212. Dan kita harap mudah-mudahan beliau semua bisa hadir,” kata Habib Muhammad.

Namun sejauh ini, Habib Muhammad belum dapat memastian kehadiran Habib Rizieq mengingat istri Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) itu sedang dirawat di rumah sakit.