TANGSELIFE.COM – Persaudaraan Alumni (PA) 212 menggelar Munajat Kubro 212 di Monumen Nasional (Monas) pada Sabtu 2 Desember 2023 besok.

Munajat Kubro 212 bertajuk ‘Munajat untuk Kemenangan Palestina dan Keselamatan NKRI’ akan digelar mulai pukul 03.00 WIB sampai pukul 09.00 WIB.

Saat ini, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) melalui Pemprov DKI telah mengeluarkan izin penyelenggaraan Munajat Kubro 212 di Monas.

Sekretaris Kemensetneg, Setya Utama, mengatakan Kemensetneg menyetujui penyelenggaraan Munajat 212 asal tidak digunakan untuk kegiatan politik.

Lebih lanjut, Sekretaris Dewan Syuro PA 212 Ustadz Slamet Maarif, mengatakan telah melakukan rapat koordinasi dengan PT Monas, Kodam Jaya, Pemprov DKI, dan Polda Metro Jaya terkait penyelenggaraan Munajat Kubro 212.

Agenda Munajat Kubro 212 di Monas, Habib Rizieq Diundang

Ustadz Slamet mengatakan telah mengundang Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dan pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk memberikan sambutan di agenda tersebut.

Disamping itu, turut diundang hadir Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto, serta ormas Islam NU dan Muhammadiyah.

Ketua Steering Comittee (SC) Munajat 212 Habib Muhammad bin Husain Alatas mengatakan pihaknya juga mengundang Habib Rizieq Shihab.

“Tentu saja kita mengundang Imam Besar Habib Rizieq Shihab, begitu juga semua tokoh yang terlibat dalam momen besar 212. Dan kita harap mudah-mudahan beliau semua bisa hadir,” kata Habib Muhammad.

Namun sejauh ini, Habib Muhammad belum dapat memastian kehadiran Habib Rizieq mengingat istri Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) itu sedang dirawat di rumah sakit.

“Tak sehari pun beliau meninggalkan istrinya. Selama pekan lalu pun, selama di ICU, imam besar selalu menjaga dan mendampingi.”

“Entah nanti tanggal 2 nanti, apakah beliau bisa hadir sejenak,” kata Habib Muhammad.

Sementara itu, pengacara Habib Rizieq, Aziz Yanuar, mengatakan kehadiran kliennya di Munajat Kubro 212 menyesuaikan kondisi kesehatan sang istri.

“Kondisi kesehatan istri beliau jadi prioritas sehingga kita akan lihat kondisi istri beliau dulu untuk Sabtu nanti,” kata Aziz Yanuar, Kamis 30 November 2023.

Menurut Aziz Yanuar, Habib Rizieq sangat ingin bisa turut hadir di kegiatan Munajat 212 pada Sabtu besok.

Terlebih, tidak ada larangan bagi Habib Rizieq untuk menghadiri kegiatan tersebut meski masih dalam status pembebasan bersyarat.

“Beliau sangat ingin hadir dan hal itu dilindungi UU serta hak warga negara,” kata Aziz.

“100 persen (hadir ke Munajat 212) kalau kondisi istri beliau membaik dan bisa beliau tinggal untuk hadir,” tandasnya.

Persiapan Munajat Kubro 212 di Monas

Kegiatan Munajat 212 akan diawali dengan salat tahajud bersama, kemudian dilanjutkan dengan munajar dan tausiyah dari alim ulama.

Persiapan sarana prasarana untuk kegiatan tersebut juga sudah dilaksanakan sejak Jumat, 1 Desember pagi.

Wasekjen PA 212 Habib Novel Bamukmin mengklaim kegiatan yang tidak melibatkan unsur politik ini akan dihadiri jutaan orang.

“Persiapan sudah dari Jumat pagi. InsyaAllah 3 juta orang (akan hadir),” ujarnya.

“Biasanya jam 9 malam sudah stand by, ada yang tidur di situ di Monas juga, ada yang ke Istiqlal dulu,” tambah Novel Bamukmin.

Novel juga menegaskan bahwa kegiatan ini tidak mengundang dan tidak akan dihadiri oleh tiga pasangan capres-cawapres.

“Kami pastikan tidak mengundang capres-cawapres mana pun karena ini acaranya munajat untuk keselamatan umat menjelang Pemilu 2024 dan juga untuk mendoakan saudara-saudara kita di Palestina,” tegasnya.