TANGSELIFE.COM – Partai Gerindra dipastikan akan mengusung pasangan Ahmad Riza Patria dan Marshel Widianto untuk mengarungi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) 2024 mendatang.

Diusungnya komika Marshel Widianto menjadi calon Wakil Walikota Tangsel pada Pilkada 2024 sempat menjadi perdebatan di tengah masyarakat.

Pasalnya komika kelahiran 30 Mei 1996 tersebut dinilai memiliki banyak kontroversi dan minim pengalaman dalam dunia perpolitikan sehingga diragukan untuk dapat memimpin suatu wilayah.

Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin mengatakan, Partai Gerindra tentu memiliki perhitungan matang sebelum akhirnya memutuskan untuk menempatkan nama Marshel Widianto di Kota Tangsel.

Ia menilai, meski tidak memiliki pengalaman politik, namun hadirnya public figure dalam pertarungan politik akan sangat membantu untuk mendongkrak popularitas.

“Artis-artis yang maju di Pilkada hampir tidak punya pengalaman semua, tidak hanya Marshel. Mungkin ini untuk mendongkrak popularitas saja, terutama untuk lebih mudah memperkenalkan pasangan tersebut ke pubik,” kata Ujang ketika dihubungi Tangselife.com, Kamis, 11 Juli 2024.

Begini Komentar Pengamat Politik Usai Gerindra Mantap Usung Marshel Widianto dalam Pilkada Tangsel 2024

Ujang menyebut, dalam sebuah pertarungan politik, popularitas menjadi modal penting yang harus dimiliki oleh calon yang ingin maju.

Selain itu artis juga dinilai memiliki modal logistik untuk menunjang cost politik yang akan keluar selama proses tahapan Pilkada berlangsung.

Terlebih khusus untuk di Kota Tangsel, lawan yang akan dihadapi adalah pasangan incumbent yang tentu memiliki pengalaman dan jaringan kuat hingga ke akar rumput.

“Yang saya lihat dari artis-artis yang didukung oleh partai itu, pertama untuk mendongkrang popularitas, yang kedua artis juga punya isi tas, lalu yang ketiga artis penerimaan dari publiknya lumayan walau ada kontoversi,” tuturnya.

Menurutnya dengan munculnya nama Marshel Widianto, maka Partai Gerindra dan sosok pendamping Marshel yang saat ini di sebut-sebut adalah Ahmad Riza Patria, nantinya akan lebih mudah mendapatkan perhatian dari masyarakat.

“Orang melihatnya bukan sosok Marshel nya, tapi sosok Riza Patria nya yang punya pengalaman banyak. Dia pernah jadi anggota DPR, pernah jadi Wakil Gubernur Jakarta, dia punya pengalaman banyak,” ungkapnya.

Pendiri Indonesia Political Review (IPR) pun mengingatkan kepada petahana untuk tidak meremehkan siapapun pasangan yang nantinya akan diusung oleh Partai Gerindra.

Menurutnya, meski petahana memiliki pengalaman dan jaringan yang kuat, namun yang tidak boleh dilupakan yaitu bahwa Gerindra adalah partai pemenang Pemilu yang membawa Ketua Umumnya menjadi sosok Presiden.

“Karena dulu yang dilawannya adalah dinasti kan, dinasti Atut, ada Airin dan Pilar disitu, apalagi Benyamin Davnie juga Wakil Walikota incumbent, jadi sudah dikuasai semua infrastruktur kebawah,” ujarnya.

“Sekarang bagaimana dengan Gerindra? Gerindra ini jangan lupa, ini partainya pak Presiden, partainya pak Probowo, kalau kekuasaan dukung dan support kepada Riza dan Marshel ya mereka memiliki potensi besar untuk menang,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
Jihan Hoirunisa
Editor
Andre Pradana
Reporter