TANGSELIFE.COM – Pihak Kepolisian mengungkapkan sumber suara ledakan yang sempat terdengar di Pos Polisi (Pospol) Graha Bintaro yang kebakaran pada Selasa malam (23/7).

Kapolsek Pondok Aren, Kompol Bambang Askar Sodiq belum bisa memastikan secara pasti dari mana suara ledakan itu berasal.

Namun ledakan diduga dari beberapa bagian yang ada di dalam bangunan tersebut.

“Tadi malam memang sempat ada sedikit (ledakan), tapi itu dinyatakan oleh pihak Damkar dari pecahan kaca, karena memang pelayanan bagian depan ini dari kaca,” kata Bambang, Rabu, 24 Juli 2024.

Selain karena pecahan kaca, lanjut Bambang, sumber suara ledakan juga tidak menutup kemungkinan berasal dari Miniature Circuit Breaker (MCB) atau pemutus daya listrik yang berada di dalam Pospol.

“Kemungkinan diduga dari MCB juga sesuai keterangan dari pak Nurudin dari pihak Damkar,” terangnya.

Puslabfor Polri Selidiki Penyebab Kebakaran Pospol Graha Bintaro, Termasuk Suara Ledakan yang Terdengar Sebelum Kejadian

Petugas Puslabfor Polri mengidentifikasi penyebab kebakaran
Petugas Puslabfor Polri saat mendatangi lokasi Pos Polisi Graha Bintaro yang kebakaran, Rabu (24/7). Foto: Andre Pradana/Tangselife

Bambang menyebut, pihaknya sendiri tidak ingin berspekulasi untuk menyebut dari mana sumber ledakan itu berasal.

Menurutnya kepastian sumber suara ledakan termasuk penyebab kebakaran akan menunggu hasil investigasi yang dilakukan oleh Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri.

Petugas Puslabfor Polri sendiri telah ditiba di Tempat Kejadian Perkara (TKP) sekira pukul 13.00 WIB, Rabu (24/7).

Usai tiba di TKP, mereka terlihat langsung melakukan pengamatan di bangunan yang hangus terbakar tersebut. Beberapa barang bukti yang dinilai bisa menjadi petunjuk langsung diamankan oleh petugas Puslabfor untuk selanjutnya dilakukan identifikasi.

Sebelumnya seorang saksi, Anton menyebut, sempat mendengar suara ledakan sebelum kobaran api melahap bangunan Pospol.

Api sendiri diduga berasal dari korsleting arus pendek listrik di salah satu bagian dalam bangunan tersebut.

“Listrik sempat turun, pas saya mau naikan kembali listriknya ada percikan api. Tak lama ada ledakan dan api langsung membesar,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Jihan Hoirunisa
Editor
Andre Pradana
Reporter