TANGSELIFE.COM – Presiden Joko Widodo mendorong terwujudnya penyaluran KUR (Kredit Usaha Rakyat) tanpa agunan atau jaminan.

Dalam Rapat Kerja Nasional HIPMI ke-XVIII di ICE BSD, Tangerang, Kamis 31 Agustus 2023, Presiden Joko Widodo menyampaikan dorongannya pada pihak terkait.

“Saya masih mendorong terus kepada Menteri, kepada OJK (Otoritas Jasa Keuangan), kepada BI (Bank Indonesia) agar kalau bisa urusan kredit KUR ini tanpa agunan,” tutur Presiden Joko Widodo.

Sistem Credit Scoring Penyaluran KUR

Presiden Jokowi menyebut sudah waktunya Indonesia menerapkan sistem credit scoring untuk penyaluran KUR terhadap pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).

Apalagi, sistem credit scoring sudah digunakan oleh sedikitnya 145 negara.

“Mestinya harus menggunakan sistem credit scoring, karena sudah 145 negara untuk UMKM itu menggunakan sistem credit scoring, melihat skornya, melihat karakternya baik nggak.”

“Beri Rp500 juta, beri Rp 300 juta, beri Rp 100 juta, mestinya seperti itu,” jelas Presiden Jokowi.

KUR tanpa agunan diyakini dapat memberi kemudahan kepada para pelaku UMKM dalam mendapatkan pembiayaan, khususnya bagi yang baru memulai.

“Karena pengusaha-pengusaha muda yang baru berangkat untuk masuk ke dunia usaha biasanya belum memiliki aset, belum memiliki collateral, belum memiliki agunan.”

“Jadi kalau peluang diberikan dengan sistem credit scoring, itu akan lebih memudahkan dan ini akan terus saya dorong,” tuturnya.

KUR Mandiri 2023

Dana Kredit Usaha Rakyat (KUR), termasuk KUR Mandiri 2023 menjadi salah satu program andalan masyarakat yang membutuhkan dana cepat.

Namun masih banyak masyarakat yang belum mengetahui syarat pinjaman dan tabel angsuran KUR Mandiri 2023.

KUR Mandiri menjadi salah satu penyalur dana KUR (Kredit Usaha Rakyat) disamping bank BUMN (Badan Usaha Milik Negara) lainnya seperti BRI, BNI, dan BTN.

Seperti apa tabel angsuran dan syarat serta ketentuan pengajuan KUR Mandiri 2023?

Saat ini, suku bunga yang ditawarkan KUR Mandiri 2023 sebesar 0,2 persen dengan pinjaman yang bisa dicairkan mulai Rp10 juta sampai Rp500 juta.

Berikut tabel angsuran KUR Mandiri 2023 dengan pinjaman mulai dari Rp10 juta:

tabel angsuran KUR Mandiri 2023
tabel angsuran KUR Mandiri 2023

Sektor Usaha Prioritas Penerima KUR Mandiri 2023

Penyaluran KUR Mandiri diprioritaskan pada Sektor Produksi meliputi sektor yang menambah jumlah barang dan/atau jasa pada:

– sektor pertanian, perburuan dan kehutanan;

– sektor kelautan dan perikanan;

– sektor industri pengolahan;

– sektor konstruksi;

– sektor pertambangan garam rakyat;

– sektor pariwisata;

– sektor jasa produksi; dan/atau

– sektor produksi lainnya.