TANGSELIFE.COM – Polda Banten ikut turun melakukan pengecekan kesehatan seluruh hewan kurban, yang akamn masuk ke wilayah hukum Polda Banten, atau ke Provinsi Banten.

Tentu pegecekan tersebut, untuk memastikan, seluruh hewan yang nantinya akan dijadikan kurban Idul Adha dalam kondisi sehat.

Kasubdit Indag Ditreskrimsus Polda Banten AKBP Doni Satria, mengatakan, pegecekan kesehatan hewan kurban ini menjadi sangat penitng untuk dilakukan.

Sedangkan, untuk hewan kurban yang masuk ke wilayah Banten sendiri, sebagian besar berasa dari Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Merak-Bakahueni.

Dalam giat pengecekannya ini, Polda Banten tidak sendirian, tetapi juga bersama dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Banten, Balai Karantina Hewan Ikan dan Tumbuhan (BKHIT).

“Ini merupakan bagian tugas dari Satgas Pangan Polda Banten, untuk ikut mengecek agar seluruh hewan kurban yang ada di Baten dalam kondisi layak dan sehat, terutama yang masuk dari pelabuhan Merak,” ujar Doni, Kamis, 30 Mei 2024.

Lebih lanjut Doni mengatakan, utuk hewan kurban yang masuk dari Sumatera akan dikarantina terlebih dahulu di BKHIT.

Jika terdapat hewan yang sakit akan seger alangsung ditangani oleh dokter hewan yang telah ditugakan.

“Ini dilakukan untuk memastikan agar hewan yang dijual di wilayah Banten sehat dan dapat dikonsumsi oleh masyarakat saat perayaan Idul Adha,” ungkapnya.

Bahkan, untuk olahan pangan berbahan daging sapi yang masuk dari Sumatera pun akan dilakukan pengecekan dokumen-dokumennya.

“Ditreskrimsus Polda Banten juga melakukan pengecekan dokumen seperti surat jalan dan sertifikat veteriner (SV) dari provinsi pengirim,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Sopiyan
Editor
Sopiyan
Reporter