TANGSELIFE.COM – Promo tiket Kereta Cepat Whoosh sebesar Rp150.000 akan segera berakhir pada 30 November 2023 mendatang.

Diketahui bahwa harga promo tersebut berlaku sejak 18 Oktober 2023 lalu.

Ini artinya harga tiket Kereta Cepat Whoosh pada bulan depan akan berubah dengan tarif baru.

Emir Monti selaku Manager Corporate Communication PT KCIC, belum bisa memastikan tarif tiket Whoosh setelah 30 November 2023.

Hal ini dikarenakan pembahasan mengenai harga tiket masih dalam tahap diskusi.

Pihak PT KCIC saat ini masih dalam tahap pembahasan berdasarkan evaluasi dari pelaksanaan promo sejak 17 Oktober 2023 lalu dan ke depannya harga tiket kereta cepat Whoosh akan menggunakan dynamic pricing.

Wakil Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno menilai bahwa kenaikan harga bisa saja terjadi, namun tidak bisa langsung naik 2x lipat sekaligus.

Pasalnya, ada pertaruhan jumlah penumpan akan menurun.

Tingginya pengguna Whoosh disebabkan oleh harga tiket yang masih dalam diskon.

Jika dibandingkan dengan KA Argo Parahyangan, harga tiket Whoosh justru lebih murah namun dengan waktu lebih cepat.

Djoko pun mendorong KCIC untuk melakukan survei karakteristik penggunanya.

“Jangan langsung jadi Rp300.000, naik Rp50 ribu dulu bia nggak kaget. Harus disurvei dengan harga Rp150.000 dalam 3-4 bulan gimana karakternya? Apa orang baru yang menggunakan kereta atau orang yang baru pindah dan biasanya naik bus? Jadi bisa terlihat,” ungkap Djoko.

Untuk meningkatkan jumlah penumpang, KCIC akan terus menghadirkan promo-promo menarik seperti kolaborasi dengan lokasi wisata, restoran, dan lainnya agar memberikan nilai tambah kepada penumpang kereta cepat Whoosh.

Menurut Emir, tiket kereta cepat yang sudah terjual mencapai 352 ribu sampai dengan 14 November lalu.

KCIC mencatat bahwa okupansi kereta cepat hampir penuh, saat weekday berkisar di 90 sampai 95 persen dan di akhir pekan bisa mencapai 100 persen.

Sama halnya dengan first class dan business class yang okupansinya juga sampai 90-95 persen.

Berdasarkan survei yang dilakukan kepada penumpang, 53 persen responden menggunakan kereta cepat Whoosh untuk liburan, 23 persen untuk urusan bisnis, sedangkan sisanya untuk kegiatan pendidikan, komuter, dan lainnya.

Jumlah perjalanan pun terus bertambah seiring besarnya peminat untuk beralih menggunakan Whoosh dalam melakukan perjalanan Jakarta-Bandung.

Dari awalnya 14, 18, 22, 25, 28, 32, sampai saat ini mencapai 36 perjalanan untuk satu hari.

Berdasarkan informasi di aplikasi Whoosh, tiket business class seharga Rp450.000, sementara harga tiket first class mencapai Rp600.000 untuk satu kali perjalanan.