TANGSELIFE.COM – Puncak arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, diprediksi terjadi pada Minggu 14 April 2024 malam hingga Senin 15 April 2024.

Adapun per hari ini, Minggu 14 April 2024, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menilai arus balik Lebaran 2024 di Pelabuhan Bakauheni, masih relatif landai.

“Alhamdulillah dengan adanya relaksasi yang dilakukan kemarin, hari ini masih relatif landai.”

“Jadi menurut ukuran daripada jumlah kapal yang harus dioperasikan, relatif masih landai,” tukas Budi di Pelabuhan Bakauheni.

Lebih lanjut, Kapolda Lampung Irjen Helmy Santika, mengatakan saat ini volume kendaraan di penyeberangan kapal Bakauheni terkendali.

“Khusus di pelabuhan Bakauheni sampai saat ini masih hijau dan ini kita akan pertahankan terus. Dan dengan kolaborasi insyaAllah tetap pada situasi hijau,” ujar Helmy.

“Kemudian di jalur lintas tengah barat dan timur situasi arus lalu lintas juga lancar,” tambah Helmy.

Bakauheni
penyeberangan kapal Bakauheni. Foto: ASDP

Puncak Arus Balik di Pelabuhan Bakauheni

Melansir pantauan detikcom, kendaraan pemudik baik roda dua, roda empat maupun bus terus berdatangan di Pelabuhan Bakauheni pada Minggu 14 April 2024 pagi.

Humas PT ASDP Cabang Bakauheni Lampung Selatan, Syaiful Harahap menyatakan kondisi pemudik yang terus berdatangan sudah seusai dengan prediksi.

Adapun per tanggal 13 April atau H+3 Lebaran, sebanyak 227.523 pemudik sudah kembali ke Pulau Jawa.

Lonjakan para pemudik yang akan kembali ke perantauan masih pun diprediksi akan terjadi di H+4 hingga H+5 pada Senin 15 April 2024 besok.

“Kondisi ini sudah sesuai dengan prediksi kami, jadi puncak arus mudik akan mulai terjadi sejak tadi malam hingga esok hari (Senin),” tutur Syaiful.

Berdasarkan data angkutan Lebaran yang dikeluarkan PT ASDP Cabang Bakauheni, masih sekitar 608.195 pemudik yang belum kembali ke Pulau Jawa.