TANGSELIFE.COM- Pertamax Green 95 produk bahan bakar minyak (BBM) produk terbaru PT Pertamina secara resmi diluncurkan.

Tapi saat ini BBM produksi PT Pertamina itu baru dijual di SPBU secara terbatas yakni di DKI Jakarta dan Surabaya, Jawa Timur.

Peluncuran Pertamax Green 95 itu dilakukan di SPBU Pertamina yang beralamat di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin, 24 Juli 2023.

Pertamax Green 95
Promosi BBM Pertamax Green 95 produk baru PT Pertamina.

“Produk baru ini wujud keinginan kami memberikan pelayanan lebih baik ke konsumen,” terang Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan.

Dia juga mengatakan adanya Pertamax Green 95, diharapkan pencinta Pertamax Series punya pilihan baru BBM dengan kualitas yang sangat baik.

Sesuai namanya, Pertamax Green 95 memiliki nilai Research Octane Number (RON) 95 seperti Pertamax Plus yang sudah dijual Pertamina.

Namun, yang membuat produk baru ini spesial di antara produk-produk BBM Pertamina lainnya, adalah bahan baku yang digunakan.

Lantaran Pertamax Green 95 menggunakan campuran bahan baku hijau alias produk terbarukan, yaitu bioetanol 5 persen yang diolah dari tebu.

BBM Pertamax Green 95 dijual dengan harga Rp 13.500 per liter atau beda Rp500 dengan Pertamax Turbo yang harganya Rp14.000/liter.

Jadi, harga produk baru Pertamina ini berdasarkan nilai RON berada di antara Pertamax dan Pertamax Turbo.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati mengatakan produk baru ini langkah mendukung target Net Zero Emission (NZE) 2060.

“Pertamax Green produk BBK hijau yang ramah lingkungan karena menggunakan bioetanol dari molases tebu,” terangnya, Senin, 24 Juli 2023.

Dia juga mengatakan produk baru ini implementasi Pertamina mendukung transisi energi nasional dengan campuran bahan bakar nabati.

Tapi untuk saat ini, Pertamax Green 95 baru tersedia pada 10 SPBU di wilayah Kota Surabaya dan 5 SPBU di wilayah Jakarta.

“Semoga kehadiran produk baru Pertamina ini dapat memberikan multiplier effect bagi perekonomian Indonesia,” terangnya.

“Sekaligus menjadi peluang penetrasi pasar global yang luas bagi PT Pertamina dan produk BUMN,” tandasnya juga.

Berikut Beda Pertamax Green 95 dengan Pertamax

Meskipun memiliki nama yang sama tapi Pertamax Green  berbeda dengan jenis BBM Pertamax yang dipasarkan saat ini. Terutama pada kandunganya. 

Pertamax Green 95 diklaim PT Pertamina merupakan BBM yang ramah lingkungan karena menggunakan bahan baku terbarukan.

Di dalam kandungannya, Pertamax Green mengandung energi terbarukan yaitu Bioetanol sebanyak 5 persen.

Untuk memproduksi BBM jenis baru ini, Pertamina bekerja sama dengan PT Energi Agro Nusantara (anak usaha PT Perkebunan Nusantara X).

Perusahaan itu yang menyediakan bahan baku Bioetanol untuk BBM jenis baru produk PT Pertamina tersebut.

Bahan dasar Bioetanol adalah molases tebu yang diubah menjadi etanol yang membuat BBM jenis baru ini memiliki RON 95 tak lagi RON 92.