TANGSELIFE.COM – Ribuan personel gabungan bakal dikerahkan untuk mengawal kedatangan jenazah hingga prosesi pemakaman mantan Gubernur Papua Lukas Enembe.

Lukas Enembe dikabarkan meninggal di RSPAD Gatot Subroto pada Selasa (26/12/2023).

Jenazah Lukas Enembe direncanakan bakal akan tiba di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura pada Kamis (28/12/2023) pagi.

Lukas Enembe yang merupakan tersangka kasus korupsi itu dikabarkan akan disemayamkan di Stakin, Sentani. Setelah itu, jenazah Enembe akan dibawa ke rumah duka di Kota Tengah, Distrik Muara Tami, Jayapura.

Kapolresta Jayapura Kota Kombes Victor Mackbon menerangkan, pihaknya akan menerjunkan lebih dari seribu petugas gabungan untuk mengamankan proses pemakaman Lukas Enembe.

“1.500 personel Polri-TNI disiapkan serta dari pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk pengamanan rute,” kata Victor dikutip dari kompas.

Saat ini, pihaknya masih melakukan komunikasi dengan pihak keluarga untuk memastikan pola pengamanan rute pemakaman agar berjalan tertib, khidmat dan lancar.

Diketahui, Lukas Enembe merupakan terdakwa dugaan suap dan gratifikasi. Enembe diputus bersalah oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta.

Intan
Editor
Intan
Reporter