TANGSELIFE.COMTol Japek II Selatan Seksi III Sadang-Kutanegara beroperasi selama Nataru 2023/2024 (Natal 2023 dan Tahun Baru 2024).

Selama periode tersebut, Tol Japek II Selatan digunakan sebagai tol fungsional, sehingga tidak dikenakan tarif alias gratis.

“Karena fungsional juga tidak ada pengenaan tarif ya, karena sifatnya fungsional,” kata Corporate Secretary and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana, Senin 18 Desember 2023.

Lisye menerangkan bahwa pemberlakuan tarif jalan tol disesuaikan dengan jalur masuk kendaraan dari masing-masing gerbang tol.

Dengan demikian, tarifnya tetap sama dan tidak akan bertambah ketika keluar melalui Gerbang Tol Kutanegara.

“Kalau pun ada transaksi di gerbang tol Kutanegara, itu adalah jumlah tarif yang dikenakan pengguna jalan ketika masuk dari gerbang tol tertentu di Cipularang.”

“Atau misalnya dari gerbang tol Pasteur, Buah Batu, itu sama dengan tarif ketika mereka keluar di gerbang tol Sadang,” jelas Lisye.

“Hanya saja ditransaksikan di Gerbang Tol Kutanegara dengan jumlah tarif yang sama,” sambungnya.

Tol Japek II Selatan Seksi III Sadang-Kutanegara Dibuka Fungsional

Tol Japek II Selatan seksi III Sadang-Kutanegara dibuka fungsional sebagai upaya mendukung kelancaran lalu lintas angkutan Nataru 2023/2024.

Ruas Tol Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 km ini akan dibuka khusus untuk arus balik kendaraan Nataru 2023/2024.

Kendaraan dapat melintasi Ruas Tol Japek II Selatan dengan masuk melalui Gerbang Tol Sadang dan keluar melalui Gerbang Tol Kutanegara.

Setelah keluar dari Gerbang Tol Kutanegara, perjalanan akan disambung melalui akses jalan industri menuju jalan nasional Gerbang Tol Karawang Timur dan Gerbang Tol Karawang Barat.

Pembukaan tol ini akan menyesuaikan situasi kepadatan lalu lintas di Tol Cipularang, Tol Kalitama, dan Tol Cikampek.

“Dibukanya secara situasionalnya juga dilihat secara kondisinya,”ujar Lisye/.

“Apabila terjadi kepadatan di Cipularang, lalu sampai di Gerbang Tol Kalitama atau bahkan nanti ada kepadatan di Cikampeknya, baik dari arah Palimanan maupun dari arah Cikampek,” tutupnya.