TANGSELIFE.COM– Seluruh pemilik hotel di Tangsel bakal diberikan edukasi dan pelatihan penanganan kebakaran oleh Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Tangerang Selatan (Tangsel).

Kepala Damkar Tangsel, Ahmad Dohiri mengatakan, edukasi dan pelatihan penanganan kebakaran sebagai upaya agar seluruh SDM hotel memiliki pengetahuan dasar untuk melakukan evakuasi jika terjadi kebakaran.

“Sesuai arahan pak Walikota juga, karena Walikota juga memberikan instruksi langsung agar para manajemen hotel mendapatkan edukasi pencegahan kebakaran gedung,” kata Ahmad Dohiri kepada Tangselife.com, Rabu, 12 Juni 2024.

Dohiri mengungkapkan, rencana tersebut juga telah ia sampaikan kepada Dinas Pariwisata (Dispar) yang membawahi para pemilik hotel dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

“Saya sudah ngomong dengan ketua PHRI untuk dilakukan pertemuan semua anggota PHRI nanti akan diberikan pengarahan soal sistem proteksi kebakaran,” terangnya.

“Kita sudah koordinasi dengan Dinas Pariwisata agar acara tersebut dapat segera terselenggara. karena secara institusi pembinanya Dinas Pariwisata,” lanjutnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Tangsel, Heru Sudarmanto menyebut telah berkomunikasi dengan pihak PHRI untuk melakukan sosialisasi dan edukasi kepada pengelola hotel di Tangsel.

“Kami Dispar akan melakukan sosialisasi cara penanganan kebakaran, saya sudah komunikasi dengan PHRI untuk bisa berkoordinasi dengan seluruh anggota PHRI untuk ikut,” ungkapnya.

Heru menyebut, Dispar Tangsel sendiri sejauh ini telah melakukan pengawasan kepada pada pemilik hotel terkait sistem proteksi keamanan kebakaran.

“Teman-teman di tim pengawasan itu melakukan rutin pembinaan turun jadi apa yang standarisasi yang selama ini ada kita memberikan masukan. Terkait dengan kemarin kita juga sudah melakukan sosialisasi standar sertifikasi CHSE,” pungkasnya.

Sekedar informasi, CHSE adalah sertifikasi yang meliputi empat aspek diantaranya Cleanliness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan), dan Environment Sustainability (kelestarian lingkungan).

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
Jihan Hoirunisa
Editor
Andre Pradana
Reporter