TANGSELIFE.COM-Perang antara Rusia dan Ukraina makin menjadi-jadi.

Terbaru, pasukan Rusia melakukan serangan rudal ke objek-objek strategis militer Ukraina.  

Kali ini, pasukan Rusia menyerang gudang roket dan penampungan Bahan Bakar Minyak (BBM) milik pasukan Ukraina hancur lebur diserang rudal berpresisi tinggi dan artileri berat.  

Mengutip laporan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Rusia, Senin 10 April 2023, pasukan militernya melakukan serangan kombinasi taktis militer terhadap posisi pasukan Ukraina secara bersamaan. 

Serangan militer itu berupa rudal dan artileri yang dilakukan kelompok pasukan Rusia secara serentak.

Peluncuran rudal berangsung sejak siang hari itu dilakukan di 127 distrik di Ukraina yang dikuasai militer Beruang Merah tersebut. 

Akibat serangan serempak yang dilakukan pasukan Rusia itu, sebanyak 98 unit artileri milik militer Ukraina hancur lebur. 

Bahkan di Desa Veliky Burluk, wilayah Kharkiv, pasukan Rusia mengklaim berhasil menghantam pos komando kelompok operasional pasukan Ukraina yang bernama Kharkov. 

Pasukan Negeri Beruang Merah itu juga dikabarkan melumat gudang senjata roket dan artileri serta amunisi brigade pertahanan teritorial ke-102 dan brigade mekanik ke-72 Ukraina.

Gudang senjata canggih milik pasukan elite Ukraina ini berlokasi di area pemukiman Orekhov, yang masuk wilayah Zaporozhye dan Vuhledar, Donetsk.

Pasukan Rusia juga mengklaim serangan misil berpresisi tinggi yang mereka luncurkan menghancurkan fasilitas penyimpanan 70.000 ton BBM yang berlokasi di dekat kota Zaporozhye. 

Penghancuran gudang BBM itu, menurut Kemhan Rusia digunakan untuk mendukung operasi Angkatan Bersenjata Ukraina di Donbass. 

Selain itu juga, sistem pertahanan udara Rusia berhasil mencegat 10 roket peluncuran ganda HIMARS dan Smerch, serta satu rudal taktis operasional Grom-2 milik Ukraina.

Rusia Klaim Hancurkan 14 Pesawat Nirawak Ukraina

Hasil serangan taktis Rusia itu juga mengklaim menghancurkan  14 pesawat nirawak milik Ukraina yang bakal digunakan untuk menyerang prajurit Rusia. 

Puluhan drone tempur yang dihancurkan itu berlokasi di area pemukiman penduduk Vasilyevka, Inzhenernoe, wilayah Zaporozhye, Staromayorskoe, Vesele, Kirillovka dari Donetsk, Kremennaya, Rubizhne dan Ilyinka dari Luhansk. 

Kemenhan Rusia juga mengklaim sejak awal operasi militer khusus mereka lakukan di wilayah Ukraina telah menghancurkan banyak infrastruktur militer dan peralatan tempur milik Ukraina.   

Adapun peralatan yang dihancurkan pasukan Rusia itu terdiri dari 406 pesawat, 228 helikopter, 3.716 kendaraan udara tak berawak, 415 sistem rudal antipesawat milik militer Ukraina.

Lalu, 8.593 tank dan kendaraan tempur lapis baja lainnya, 1.078 kendaraan tempur dari berbagai sistem peluncuran roket.

Termasuk sebanyak 4.543 lapangan senjata artileri dan mortir, serta 9.387 unit kendaraan militer khusus Ukraina dihancurkan oleh militer Rusia.