TANGSELIFE.COM – Jalan Tol Cimanggis-Cibitung telah diresmikan oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin pada Selasa 9 Juli 2024 kemarin.

Usai diresmikan, jalan Tol Cimanggis-Cibitung langsung beroperasi mulai hari ini, Rabu 10 Juli 2024 pukul 06.00 WIB.

Adapun tarif Tol Cimanggis-Cibitung akan dibebaskan alias gratis selama masa sosialisasi sepanjang 14 hari ke depan.

“Setelah sosialisasi tahap 1 hingga 3 (dilakukan) baru dioperasikan dengan tarif. Saat ini setelah diresmikan, operasi tanpa tarif dulu,” kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Miftachul Munir.

peresmian tol Cimaci, Tol Cimanggis-Cibitung
peresmian tol Cimaci, Selasa 9 Juli 2024. Foto: BPJT

Tol Cimanggis-Cibitung Sudah Beroperasi

Tol Cimanggis-Cibitung (Cimaci) menghubungkan Simpang Susun Cikeas di Kabupaten Bogor sampai dengan Junction Cibitung di Kabupaten Bekasi.

Dengan diresmikannya tol tersebut, maka kini Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 pun telah tersambung seluruhnya.

Jaringan Jalan Tol JORR 2 yang telah tersambung sepanjang 111 km dimulai dari Cengkareng – Kunciran – Serpong – Cinere – Jagorawi – Cimanggis – Cibitung hingga Cilincing.

Warga Tangsel pun akan makin mudah dan cepat mencapai wilayah Bekasi, Bogor hingga sejumlah wilayah di Jawa Barat..

“JORR 2 yang semua lengkap dari Cengkareng sampai ke Cilincing,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono usai peresmian pada Selasa 9 Juli 2024.

Menurut Basuki, tol Cimaci bisa meningkatkan kelancaran mobilitas, pergerakan komuter dan logistik menuju kawasan industri Cikarang, Cibitung, dan Cilincing.

“Jadi kalau orang dari barat mau ke timur, sudah tidak masuk Jakarta lagi, tapi bisa lewat ini (Tol Cimanggis-Cibitung) langsung ke Cikampek.”

“Jadi mengurangi kemacetan dalam kota Jakarta,” jelas Basuki, seperti dikutip dari Antara.

Proyek tol Cimaci termasuk dalam Proyek Strategis Nasional yang berdampak signifikan terhadap perekonomian nasional.

Pemegang hak konsesi jalan tol PT Cimanggis Cibitung Tollways memegang nilai investasi mencapai Rp10,6 Triliun.

Pembangunan jalan tol Cimaci yang melintasi empat wilayah yakni Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Bekasi, ini dimulai sejak 2016.

Jalan Tol Cimaci terkoneksi dengan Jalan Tol Trans Jawa Ruas Jakarta – Cikampek, Pelabuhan Tanjung Priok, Pelabuhan Patimban, Bandara Soekarno–Hatta, dan Bandara Kertajati.

Dengan begitu, ruas Cimanggis-Cibitung menjadi alternatif dan solusi mengurangi travel time akibat kepadatan lalu lintas dari Ruas Tol Cikampek yang menuju Jakarta, Bogor, Tangerang, dan sekitarnya.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife