TANGSELIFE.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) berencana akan kembali menyuntikan modal untuk BUMD Perseroda PITS sebesar Rp30 miliar.

Proses penyertaan modal tersebut rencananya ditargetkan rampung pada tahun 2024 ini.

Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie mengatakan, penyertaan modal tersebut akan digunakan oleh BUMD Perseroda PITS untuk mengembangkan bisnis air minum kepada masyarakat.

“Penyertaan modal Rp30 miliar untuk tahun ini,” kata Benyamin Davnie di Gedung DPRD Tangsel, Senin, 12 Agustus 2024.

Proses penyertaan modal sendiri harus melalui berbagai tahapan, salah satunya harus memiliki landasan dasar hukum berupa Peraturan Daerah (Perda).

Pemkot Tangsel sebelumnya pada Rabu (7/8) telah menyampaikan penjelasan dan menyerahkan draft Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Penyertaan Modal Perseroda PITS kepada DPRD Tangsel.

Saat ini tahapan pembahasan Raperda tersebut telah masuk pada pandangan seluruh Fraksi di DPRD terkait rencana tersebut.

Benyamin mengungkapkan, pengembangan bisnis yang akan dilakukan oleh Perseroda PITS dari penyertaan modal tersebut diantaranya untuk memperluas cakupan pelayanan air minum termasuk sarana dan prasarana penunjangnya.

“Nanti setelah ini tindaklanjuti dengan pembahasan kemudian jawaban Wali Kota. Mudah-mudahan tidak terlalu lama lah,” pungkasnya.

Berdasarkan Perda Nomo 2 tahun 2023 tentang Perubahan Bentuk Badan Hukum PT PITS Menjadi Perseroda PITS, modal dasar perseroda ditetapkan sebesar Rp104 miliar.

Sementara modal yang telah ditempatkan dan telah disetor penuh saat pendirian sebesar 40 persen dari modal dasar atau sekitar Rp41 miliar. Sementara sisanya akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

Perseroda PITS Sudah Salurkan Air Untuk 6.700 Pelanggan

Perseroda PITS saat ini memiliki kapasitas maksimal mampu menyalurkan air hingga 200 Liter Per Second (LPS), namun demikian proses pendistribusiannya baru di angka 60 LPS.

Hingga bulan Oktober 2023, dari total 60 LPS tersebut Perseroda PITS mampu mendistribusikan air kepada ribuan pelanggan.

“60 liter per detik itu kami distribusikan kepada 6.700 pelanggan yang tersebar di Kecamatan Pamulang, Ciputat dan Ciputat Timur,” kata Direktur Utama Perseroda PITS, Tubagus Hendra Suherman pada saat itu.

“Selain sambungan rumah, kami juga mendistribusikan untuk unit usaha sosial dan unit usaha besar seperti apartemen dan pertokoan,” pungkas Tubagus.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
Dien
Editor
Andre Pradana
Reporter