TANGSELIFE.COM – Tarif baru jalan tol Kanci-Pejagan akan resmi diberlakukan mulai malam ini pukul 00.00 WIB, tepat memasuki hari Kamis 24 Agustus 2023.

Penyesuaian tarif baru jalan tol Kanci-Pejagan tertuang dalam Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 909/KPTS/M/2023 tentang Penyesuaian Tarif Tol Pada Ruas Jalan Tol Kanci- Pejagan.

Tarif baru jalan tol yang menghubungkan Provinsi Jawa Barat dengan Jawa Tengah ini mengalami kenaikan sebesar 6 persen dari tarif sebelumnya.

Sebelum diberlakukan tarif baru, biaya untuk jalan tol melewati Kanci-Pejagan dikenakan tarif sebesar Rp29.500.

Tarif Baru Jalan Tol Kanci-Pejagan

Berikut rincian tarif yang diberlakukan pada jalan tol Kanci- Pejagan mulai Kamis 24 Agustus 2023.

– Golongan I: Rp31.500, semula Rp29.500

– Golongan II: Rp47.500, semula Rp44.500

– Golongan III: Rp47.500, semula Rp44.500

– Golongan IV: Rp63.500, semula Rp59.500

– Golongan V: Rp63.500, semula Rp59.500

Manager Operasional PT Semesta Marga Raya, Uum Jumadi, mengatakan penyesuaian tarif tol akan dilakukan setiap dua tahun sekali berdasarkan pengaruh laju inflasi.

Untuk mengecek tarif jalan tol, bisa dilakukan dengan input ruas jalan tol melalui situs resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR di sini.

Jalan Tol Kanci Pejagan Hubungkan Jawa Barat dan Jawa Tengah

Disamping menghubungkan Jawa Barat dan Jawa Tengah, jalan tol Kanci-Pejagan dapat memangkas waktu perjalanan dari dan menuju kedua wilayah tersebut.

Karenanya jalan tol Kanci-Pejagan berperan besar dalam mendorong percepatan distribusi logistik dan transportasi secara umum.

Jalan tol yang membentang dari Kanci di Cirebon sampai Pejagan di Brebes sejauh 35 kilometer ini mulai beroperasi pada tahun 2010.

Tol Kanci-Pejagan mempunyai tiga gerbang tol sebagai akses masuk yaitu Gerbang Tol (GT) Ciledug 1, GT Ciledug 2, dan GT Pejagan.

Seluruh gerbang tol menggunakan sistem transaksi non tunai yang terintegrasi dengan Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Cikampek-Palimanan, Palimanan-Kanci, Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang dan Batang- Semarang.

Jalan tol Kanci-Pejagan mempunyai tiga simpang susun yaitu Simpang Susun Kanci, Simpang Susun Ciledug, dan Simpang Susun Pejagan.

Kanci-Pejagan merupakan bagian dari jalan tol Trans Jawa yang berfungsi memperlancar arus lalu lintas pantura Jawa, sekaligus sebagai rute alternatif di wilayah tersebut.