TANGSELIFE.COM – KIP (Kartu Indonesia Pintar) kuliah 2024 merupakan program bantuan biaya pendidikan dari pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk membantu siswa berprestasi, namun memiliki keterbatasan ekonomi agar bisa melanjutkan studi di perguruan tinggi.

Program ini merupakan bagian dari upaya pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Melalui program ini, mahasiswa bisa memperoleh bantuan biaya pendidikan yang bisa membantu meringankan beban biaya kuliah.

Dari pengertian tersebut, maka KIP kuliah 2024 ditujukan secara khusus hanya untuk mereka yang tidak mampu secara ekonomi dan siswa yang unggul secara akademik.

Mereka yang mampu secara ekonomi tidak diperkenankan untuk mendaftar.

Penerima KIP kuliah 2024 nantinya bisa bebas dari biaya daftar ulang dan biaya pendidikan lainnya setelah mendaftar ulang sebagai mahasiswa di perguruan tinggi terkait.

Dengan demikian, KIP kuliah merupakan program penting yang membantu para mahasiswa dan mahasiswi berprestasi namun memiliki keterbatasan ekonomi untuk dapat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, sekaligus merupakan bagian dari upaya pemerintah Indonesia untuk memajukan bangsa.

Siswa bisa mendaftar KIP kuliah 2024 sesuai dengan jalur masuk yang dipilih.

Baik itu jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) hingga jalur Mandiri di kampus negeri dan kampus swasta.

Tata Cara Daftar KIP Kuliah 2024

Umumnya, proses pendaftaran KIP kuliah sama saja seperti tahun-tahun sebelumnya.

Biasanya masa pendaftaran KIP kuliah ini dibuka sejak awal tahun sampai menjelang akhir tahun.

Jika melihat pada masa pendaftaran KIP kuliah 2023, dibuka sejak bulan Februari dan ditutup pada bulan November.

Namun perlu diketahui bahwa calon mahasiswa yang sudah mendaftar KIP kuliah tidak serta merta langsung jadi penerima KIP kuliah 2024.

Untuk mendapatkan kesempatan tersebut, akan ada proses validasi dan verifikasi semua berkas oleh pihak perguruan tinggi.

Mengutip dari laman Kemendikbud, adapun cara daftar KIP kuliah adalah sebagai berikut:

1. Melakukan pendaftaran akun secara mandiri melalui situs resmi https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id yang menjadi langkah awal untuk memasuki sistem pendaftaran KIP Kuliah Merdeka

2. Memasukkan informasi penting, termasuk NIK, NISN, NPSN, dan alamat email aktif

3. Selanjutnya, sistem KIP Kuliah Merdeka melakukan validasi terhadap NIK, NISN, dan NPSN yang dimasukkan oleh siswa. Selain itu, evaluasi kelayakan akan dilakukan untuk menerima KIP Kuliah Merdeka.

Jika proses validasi berhasil, siswa akan menerima Nomor Pendaftaran dan Kode Akses melalui email yang telah didaftarkan sebelumnya.

4. Masuk ke laman KIP Kuliah Merdeka menggunakan Nomor Pendaftaran dan Kode akses yang diterima.

Langkah ini diperlukan untuk menyelesaikan proses pendaftaran dan memilih jalur seleksi yang diinginkan, baik itu SNBP, SNBT, atau Mandiri

5. Menyelesaikan proses pendaftaran sesuai jalur seleksi yang telah dipilih sebelumnya. Proses ini mencakup pengisian data dan informasi tambahan yang dibutuhkan.

6. Melakukan verifikasi lanjutan bagi calon penerika KIP Kuliah Merdeka yang berhasil diterima di perguruan tinggi. Verifikasi ini merupakan langkah penting sebelum data calon mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka diusulkan ke Pislapdik.

Dokumen yang Dibutuhkan untuk Mendaftar KIP Kuliah 2024

3858c8c4 b452 4267 af3f fe2479c459d8
Ilustrasi Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Kemendikbudrisetdikti. (Ist)

Sejumlah dokumen perlu disiapkan agar proses mendapatkan KIP kuliah 2024 ini berjalan lancar.

Pasalnya, beberapa dokumen ini dibutuhkan sebagai pembuktian keterbatasan ekonomi yang dialami calon mahasiswa sehingga layak mendapatkan bantuan KIP kuliah.

Berikut ini dokumen-dokumen yang dibutuhkan:

  • Scan atau foto rapor terakhir
  • Scan atau foto sertifikat berbagai prestasi (jika ada)
  • Foto rumah tampak depan dan bagian dalam
  • Foto calon mahasiswa dan anggota keluarga lainnya di dalam rumah

Calon mahasiswa jangan mencoba memalsukan foto rmah, sebab perguruan tinggi yang menjadi tujuan akan melakukan verifikasi melalui kunjungan dari rumah ke rumah.

Setelah dokumen yang diajukan diverifikasi oleh perguruan tinggi dan dinyatakan memenuhi persyaratan dan kriteria, baru akhirnya diumumkan terkait penerima KIP Kuliah 2024.

Besaran Bantuan Biaya Hidup KIP Kuliah 2024

Bantuan berupa biaya hidup yang diberikan pada mahasiswa terpilih diberikan dalam 5 klaster berdasarkan wilayahnya.

Bantuan KIP kuliah ini sepenuhnya merupakan hak mahasiswa sehingga ditransfer langsung ke rekening mahasiswa penerima.

Berikut cakupan biaya yang diberikan KIP kuliah bagi mahasiswa yang berhasil lolos jadi penerima manfaat KIP kuliah 2024:

1. Pada skema KIP kuliah, untuk program studi (Prodi) berakreditasi A, mahasiswa bisa mendapatkan biaya pendidikan maksimal Rp12 juta per semester khusus untuk prodi di bidang Kedokteran maksimal Rp8 juta untuk prodi non-kedokteran

2. Prodi akreditasi B bisa mendapatkan maksimal Rp4 juta

3. Sementara itu, prodi terakreditasi C bisa mendapatkan maksimal Rp2,4 juta.

Kemudian, pada skema KIP Kuliah 2024 biaya hidup bagi mahasiswa penerima KIP Kuliah Tahun 2023 disesuaikan dengan indeks harga rendah.

Besaran biaya hidup yang diterima mahasiswa pemegang KIP kuliah ini dibagi menjadi lima klaster daerah. Berikut rincian klaster KIP kuliah per daerah:

  • Klaster pertama sebesar Rp800.000 per bulan
  • Klaster kedua sebesar Rp950.000 per bulan
  • Klaster ketiga sebesar Rp1,1 juta per bulan
  • Klaster keempat sebesar Rp1.250.000 per bulan
Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife