TANGSELIFE.COM-Belakangan ini banyak kasus rumah warga yang tiba-tiba saja menjadi sarang ular, dan juga ditemui ular berukuran besar di dalam rumah.

Ditemukannya ular di dalam rumah ini tentu sangat menakutkan, bahkan tidak sedikit juga ular berbisa yang mematikan ditemukan ada di dalam rumah.

Terlebih lagi, tidak lama lagi akan memasuki musim hujan. Dimana musim hujan waktu telur-telur ular menetas.

Dan tempat tinggal ular pun kini kian menyempit, sehingga sebagian ular mencari tempat tinggal lain yang juga lembab, seperti sudut tempat di dalam rumah.

Tidak ingin rumah Anda menjadi sarang ular, pada musim hujan nanti, Simak cara-cara mencegah ular masuk ke dalam rumah.

1. Tutup Lubang Rumah

Tubuh ular yang memiliki tekstur ramping dan licin, memudahkan ular masuk ke dalam rumah melalui lubang-lubang yang ada di dalam rumah.

Namun, lubang-lubang ini juga dibutuhkan bagi sirkulasi air dan udara bagi rumah yang baik, maka lubang-lubang ini harus ditutup dengan kawat jaring yang rapat.

Tidak hanya pada lubang saluran pembuangan air saja, perhatikan juga celah lubang yang berada di bagian atap rumah.

2. Bersihkan Area Rumah

Area rumah lembab dan kotor, cendrung sangat disuai oleh ular untuk menjadi sarang barunya, sehingga kebersihan rumah sangat penting.

3. Tata Tanaman Yang Terlalu Rimbun

Bagi Anda yang memiliki pekarangan di halaman rumah, harus juga hati-hati, suasana semak di pekarangan itu bisa saja menjadi sarang ular.

Maka dari itu, tata dengan rapih tanaman yang berada di pekarangan rumah Anda dengan rapih, dengan mamangkas bagian tanaman yang terlalu rimbun.

4. Penerangan yang Memadai

Tidak hanya tempat lembab, ular juga menyukai tempat redup bahkan gelap, sehingga Anda harus memastikan penerangan di rumah Anda memadai.

5. Tanaman yang Tidak Disukai Ular

Ular juga memiliki ketidaksukaan terhadap beberapa jenis tanaman, sehingga lebih baik halaman rumah Anda tanam beberapa jenis tanaman yang tidak disukai ular.

Beberapa tanaman tersebut seperti Sereh, jeruk, marigold, lidah mertua dan kaktus merupakan jenis tanaman yang tidak disukai ular.

6. Letakan Barang dengan Aroma Menyengat

Ular merupakan hewan yang tidak menyukai bau-bau menyengat, aroma yang terlalu kuat diterjemahkan sebagai tanda bahaya oleh sistem pertahanan ular.

Menebar kapur barus di sudut-sudut ruangan atau maupun di kolong yang kurang mendapat pencahayaan dapat menjadi cara mencegah ular masuk rumah yang efektif.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
Sopiyan
Editor