TANGSELIFE.COM – Kapal Neon Moon II bantuan The Ocean Cleanup dan Coldplay mulai diuji coba di aliran Sungai Cisadane, Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Banten, pada Sabtu, 2 Desember 2023.

Kapal penyedot sampah Neon Moon II yang berjenis interceptor ini diperuntukkan sebagai pembersih atau penyedot sampah dari hulu ke hilir aliran sungai.

Sayangnya, proses uji coba proses penyedotan sampah sedikit terhalang karena bukan hanya sampah plastik dan sampah rumah tangga saja yang ada di sungai tersebut, melainkan banyak ranting dan bambu yang menyulitkan proses penyedotan.

Dalam satu kapal Neon Moon II punya enam bak yang bisa menampung 6 ton sampah dalam satu hari.

Adanya fasilitas ini bisa meminimalisir sampah plastik yang mengalir dari wilayah Bogor, Tangerang Selatan, dan Kota Tangerang.

Saat ini kapal sumbangan Coldplay Neon Moon II masih dalam tahap uji coba dan rencananya akan dioperasikan pada awal tahun atau Januari 2024 mendatang.

Kapal bernama Interceptor Neon Moon II ini sudah tiba di Desa Tanjung Burung, Kecamatan Teluk Naga, sejak 28 November 2023 kemarin.

Nantinya, sampah yang masuk ke dalam kapal bisa langsung dipilih oleh mesin dan masuk ke dalam enam bak penampungan sampah.

Setelah mencapai 800 kilogram per kotak, barulah dilakukan penarikan dengan boat dan kemudian diolah di bank sampah non-organik dan organik.

Nantinya untuk yang organik bisa dijadikan pupuk atau makanan maggot, sementara yang non-organik bisa dijual atau diolah dengan mesin holding untuk dijadikan batako.