TANGSELIFE.COM – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tengah berupaya mengurangi titik kamacetan di sejumlah ruas jalan pada tahun 2024 mendatang.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Tangsel, Saidun mengatakan, untuk tahun 2024 pihaknya akan fokus melakukan penguraian macet di dua titik jalan yang berada di Kecamatan Pamulang dan Kecamatan Pondok Aren.

Kedua titik tersebut diantaranya ruas Jalan Parigi Raya hingga Jalan Pondok Kacang yang berada di Kecamatan Pondok Aren dan ruas Jalan Pajajaran hingga Jalan Otista yang berada di Kecamatan Pamulang.

“Kami akan berupaya lalu lintas jalan di Tangsel dapat lebih baik lagi,” kata Saidun, seusai acara Rapat Koordinasi Forum Lalu Lintas di salah satu Hotel di BSD, Rabu, 6 Desember 2023.

Saidun mengungkapkan, dalam mengurai titik kemacetan di dua lokasi jalan tersebut pihaknya akan menerapkan Sistem Satu Arah (SSA).

Untuk kepastian kapan sistem SSA diterapkan belum ditentukan, namun lanjut Saidun, pihaknya akan fokus melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat.

“Kita rapat bersama, kita buat kesepakatan untuk menangani itu kita lakukan SSA, namun sebelum lakukan eksekusi SSA kita akan lakukan sosialidasi terlebih dahulu,” ungkapnya.

“Akan kita lakukan secepatnya pada tahun 2024, namun kita akan sosialisasikan dulu kepada masyarakat,” tambahnya.

1. Jalan Pajajaran – Jalan Otista Pamulang

Dishub Kota Tangsel rencananya akan menerapkan Sistem Satu Arah (SSA) dimulai dari Jalan Pajajaran atau tepatnya bundaran Pamulang sampai Jalan Otista atau tepatnya Pasar Cimanggis.

Sedangkan bagi pengendara dari arah Ciputat atau Sasak Tinggi yang ingin melintas menuju Pamulang dialihkan menggunakan jalan Dewi Sartika menuju lampu merah Gaplek.

Ruas jalan yang akan dilakukan sistem satu arah diprakirakan sepanjang 2 kilometer dan efektif waktu penerapannya pada pagi hari dari jam 06.00 WIB sampai jam 08.00 WIB.

2. Jalan Parigi Raya – Jalan Pondok Kacang Pondok Aren

Untuk mengurai kemacetan di wilayah Pondok Aren, Dishun Tangsel akan menerapkan SSA yang di mulai dari Jalan Parigi Raya atau tepatnya SMA Plus Pembangunan Jaya menuju Jalan Pondok Kacang atau tepatnya sampai Kantor Kelurahan Pondok Kacang Timur.

Sementara untuk arah sebaliknya, pengendara bisa menggunakan ruas Jalan Haji Sarman.

Ruas jalan yang akan dilakukan sistem satu arah diprakirakan sepanjang 3 kilometer dan efektif waktu penerapannya pada pagi hari dari jam 06.00 WIB sampai jam 08.00 WIB. (Andre)

Intan
Editor
Intan
Reporter