TANGSELIFE.COM – Jadwal operasional Whoosh hari ini Kamis, 19 September 2024 kembali normal.

Sebelumnya pada Rabu, 18 September 2024, ada 14 perjalanan kereta cepat Whoosh yang dibatalkan imbas gempa Bandung.

Titik lokasi gempa Bandung dengan kekuatan 5 SR yang berlangsung berdekatan dengan lokasi jalur kereta cepat Whoosh.

Menurut BMKG, gempa Bandung terjadi berulang hingga sekitar 20 kali sejak pukul 09.41 WIB dengan kekuatan beragam.

Pasca gempa Bandung, KCIC melakukan pemeriksaan menyeluruh menggunakan peralatan teknologi tinggi guna memastikan keselamatan perjalanan Whoosh.

Sesuai jadwal operasional reguler, Whoosh akan melayani 48 perjalanan per hari.

“Jumlah perjalanan Whoosh pada hari Kamis (19/9) sudah kembali normal, dengan 48 perjalanan reguler per hari,” kata General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa.

“Masyarakat yang sudah memiliki tiket tidak perlu khawatir karena tidak ada pembatalan perjalanan seperti yang sebelumnya terjadi,” lanjutnya lewat keterangan tertulis, Kamis 19 September 2024.

Perjalanan pertama dari Stasiun Tegalluar Summarecon dimulai pukul 05.50 WIB, sementara dari Stasiun Halim pukul 06.40 WIB.

Refund Tiket Kereta Cepat Whoosh

Penumpang yang perjalannya mengalami pembatalan perjalanan oleh KCIC pada Rabu, 18 September, masih bisa mengajukan pengembalian dana atau refund.

Pengembalian dana 100% akan dilayani di loket stasiun Halim, Padalarang, Tegalluar Summarecon, serta Hall Feeder Stasiun Bandung sampai hari Jumat, 20 September 2024.

Adapun pembatalan dapat dilakukan melalui aplikasi Whoosh bagi penumpang yang melakukan pembelian di aplikasi Whoosh atau website KCIC.

“Uang pembatalan akan dikembalikan paling cepat 1×24 jam ke rekening yang didaftarkan,” jelas Eva Chairunisa.

Pemeriksaan Jalur Kereta Cepat Whoosh Pasca Gempa Bandung

Sesuai SOP Keselamatan dan Keamanan, KCIC langsung melakukan pemeriksaan menyeluruh pasca gempa dengan menggunakan Rail Car atau kereta perawatan.

Pemeriksaan membutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk memastikan tidak ada faktor eksternal yang berpotensi mengganggu jalur kereta seperti longsoran bukit batu di kanan kiri trase, longsoran tanah, atau dampak alam lainnya.

Pemeriksaan menyeluruh dilakukan pada semua jalur sepanjang 144 km dengan kondisi jalur yang sebagian besar melalui area perbukitan.

Di samping pemeriksaan menyeluruh, KCIC telah dijalankan Comprehensive Inspection Train (CIT) atau kereta inspeksi untuk memastikan seluruh jalur Whoosh dalam kondisi aman dilalui dengan kecepatan maksimal.

“Kami menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh penumpang atas ketidaknyamanan yang terjadi akibat bencana alam yang mengganggu perjalanan Whoosh.”

“KCIC akan terus berupaya mengedepankan perjalanan Whoosh yang aman, nyaman, dan selamat bagi seluruh penumpang,” tutup Eva.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
Dien
Reporter