TANGSELIFE.COM – Sebuah video yang memperlihatkan aksi razia di sebuah sekolahan viral di media sosial.

Dalam video yang diunggah oleh akun TikTok @nadtawang nampak sejumlah anggota OSIS SMA Swasta Bina Bangsa 01 sedang melakukan razia makeup dan skincare milik para murid.

Para anggota OSIS tersebut terlihat sibuk menghancurkan barang-barang tersebut hingga nyaris tak bisa digunakan lagi.

Mereka menggunting, mengeluarkan isi produk, dan memecahkan seluruh produk makeup dan skincare tersebut.

Proses penghancuran tersebut dilakukan para anggota OSIS sambil tertawa-tawa, seakan puas dengan yang dilakukannya.

Salah satu barang yang sangat disayangkan untuk dimusnahkan adalah sunscreen. Pasalnya tabir surya itu berfungsi untuk menjaga kulit seseorang dari paparan sinar UV yang cukup berbahaya.

Netizen yang turut menyaksikan video tersebut merasa miris karena salah satu barang yang dimusnahkan adalah skincare atau perawatan kulit yang mana itu sangat diperlukan bagi kesehatan kulit murid.

Salah satu yang turut berkomentar atas aksi razia tersebut adalah selebriti Patricia Gouw. Ia tak sungkan menyebut para OSIS di sekolah itu stupid atau bodoh.

“Stupid banget! Di Ausie dari TK sudah harus pakai sunscreen,” ucapnya.

“Itu nggak murah loh, perlu edukasi OSIS-nya,” ucap akun yang lain.

Di TikTok, dokter bernama Danial Hendrik turut buka suara atas razia makeup dan skincare yang terjadi di sebuah sekolah tersebut.

Dia menyarankan untuk pihak sekolah dan OSIS agar membedakan antara makeup untuk riasan atau berdandan dan skincare untuk perawatan kulit.

Menurutnya, wajar saja jika yang dirazia adalah makeup untuk berhias seperti lipstik, blush on, bulu mata palsu, hingga sanggul dan sebagainya.

Namun kalau skincare yang bertujuan untuk menyehatkan kulit, tak perlu dirampas juga.

“Kaya sabun cuci muka untuk membersihkan wajah, sunscreen fungsinya melindungi tubuh dari paparan sinar matahari yang mengandung sinar UV,” ucapnya.

Menggunakan tabir surya bisa mengurangi risiko kanker kulit. Manfaat lainnya adalah mencegah kulit terbakar.

“Menghambat tanda-tanda penuaan dini pada kulit dan efek baik lainnya buat kulit. Apalagi saat lagi panas-panasnya, sunscreen perlu banget. Jadi coba deh pertimbangkan lagi kebijakannya,” pungkas dokter Danial.

Brand Luxcrime Ganti Produk Makeup Murid yang Dirazia hingga Dirusak oleh OSIS-nya

osis razia makeup dan skincare

Saking viralnya video razia yang dilakukan oleh sejumlah anggota OSIS di SMA Swasta Bina Bangsa 01, brand makeup Luxcrime turun tangan mengganti kerugian bedak yang dirusak oleh pihak sekolah tersebut.

Dalam unggahan di Instagram @luxcrime_id, terdapat salah satu tangkapan layar ketika sang OSIS mengeluarkan isi bedak Luxcrime milik seorang murid.

Karena hal itu, perusahaan makeup Luxcrime secara sukarela akan menggantikan produk kerusakan tersebut secara gratis khusus siswa SMA Swasta Bina Bangsa 01 yang sebelumnya memiliki produk Luxcrime tersebut.

We’re giving away our two way cake for free!” tulis mereka.

Syaratnya, mahasiswi tersebut hanya perlu mencantumkan identitas kartu pelajar di sekolah tersebut melalui direct message Instagram.

Tanggapan dari perusahaan makeup tersebut tentunya mendapatkan apresiasi dari para netizen. Mereka menyarankan agar pihak Luxcrime tak memberi produk gratis kepada OSIS yang sudah merusak seluruh makeup dan skincare para murid.

“Tolong yang ngancurin makeup-nya jangan dikasih ya!” kata seorang netizen.

“Yang anggota OSIS minimal punya malu ya, jangan ntar malah mau klaim hadiahnya juga,” sahut yang lainnya.