TANGSELIFE.COM– Viral pelajar warga Ciputat pingsan jalan kaki ke sekolah sejauh 16 kilometer (km) pada Rabu 17 Mei 2023 sore.

Dalam video itu tampak seorang siswa mengenakan baju duduk di trotoar jalan di depan Mc Donald’s Pondok Cabe, Jalan RE Martadinata, Pamulang, Kota Tangerang Selatan.

Rupanya, anak sekolah menengah atas (SMA) itu baru saja terjatuh di trotoar perempatan Gaplek dan tengah diberikan minum oleh seorang penjual kopi keliling.

Remaja yang mengaku bernama Viky hendak pulang sekolah hingga terjatuh karena perutnya kosong. Sejumlah warga lantas mengerubungi siswa sekolah tersebut.

“Kenapa dek?,” tanya seorang pria muda berkaos putih bertanya kepada siswa sekolah tersebut. “Pusing bang. Perut kosong,” terang remaja tersebut.

Remaja yang membawa tas ransel dan sweater berwarna hitam bertuliskan Nasa itu mengaku tiap hari harus jalan kaki ke sekolah yang berlokasi di Kecamatan Bojongsari, Kota Depok. 

“Emang rumahnya di mana?,” tanya pria muda itu lagi. “Rumah saya di balakang TipTop Ciputat,” ucapnya Viky lagi.

Video yang viral di Instagram @ohmeygatt tentang anak sekolah yang tiap hari jalan kaki untuk belajar itu sudah dilike 44.588 dan 1.126 komentar itu .

Viky mengaku yang duduk di kelas 3 sekolah menengah atas itu tiap hari harus jalan kaki pulang-pergi ke sekolahnya dari Ciputat ke Bojongsari. 

Pelajar Warga Ciputat Pingsan Jalan Kaki karena Gak Punya Ongkos

“Tiap hari harus berangkat sekolah siang sekitar 8 kilometer. Sorenya pulang lagi 8 kilometer. Jalan kaki karena gak ada ongkos,” ucapnya juga.

Bersekolah jalan kaki itu dilakoni Viky nyaris dua tahun lamanya. Dia harus prihatin ke sekolah jalan kaki karena usaha orangtuanya berjualan ikan hias tutup.

“Awalnya sih ke sekolah naik angkot. Tapi karena usaha orang tua tutup dan gak ada uang yah terpaksa jalan kaki ke sekolah,” ucapnya juga dalam video tersebut.

Iba melihat perjuangan Viky yang harus jalan kaki dalam keadaan kepala masih pusing, pria berkaos putih lantas mengantarkannya pulang dengan mobil.

Banyak warganet yang terenyuh menyaksikan video Viky. Beragam komentar mendukung Viky pun bertebaran di Instagram.

”Calon anak yg sukses.. tidak mengeluh dengan keadaan didikan orangtuanya hebat banget. Bangga dan bersyukur bisa mendapatkan anak emas seperti Viky,” tulis akun @raidatun.qoriah.

Bahkan ada sejumlah pengguna Instagram meminta agar orang-orang baik membelikan Viky motor agar dia bisa ke sekolah tanpa harus jalan kaki lagi.

“Orang baik tolong beliin dia motor gw bantu doa dulu,” tulis akun @etriwsnet yang dikomentari kata-kata amin oleh warganet lainnya.